Mikha Tambayong & Deva Mahenra Menikah

by - Februari 01, 2023


Beberapa hari lalu beranda medsos dan fyp tiktok saya dipenuhi berita pernikahan Mikha Tambayong dan Deva Mahendra. Jujur aja, karena udah lama banget gak ngikutin perkembangan berita selebriti tanah air, saya jadi gak tau kalo Mikha dan Deva ini pacaran. Makanya pas dengar berita pernikahan mereka saya lumayan kaget, hehehe 😄.

Baca Juga: Haruskah Kisah Percintaan Diumbar di Medsos?

Layaknya pasangan yang saling mencintai sedang mengikat janji sehidup semati, wajah keduanya memancarkan aura kebahagiaan dan melihat aura kebahagiaan itu, saya pun ikut merasa bahagia. Memang benar yaa, kebahagiaan itu menular. Spontan saya ikut mendoakan semoga pernikahan mereka bahagia lahir batin, langgeng hingga maut memisahkan 🤲.

Namun di tengah-tengah berita bahagia ini, ada yang menggilitik saya. Apakah gerangan? Ada yang bisa menebaknya? Kalo gak ada, baiklah akan saya beritahu.

Di antara banyaknya orang yang menyebar foto dan video pernikahan yang dipenuhi aura bahagia ini, masih ada juga netijen maha benar yang mempertanyakan hal gak penting. Entah apa yang ada di pikiran orang-orang ini hingga mempertanyakan hal yang harusnya gak perlu dipertanyakan.

Coba tebak, hal apakah yang dipertanyakan para netijen kepo dan merasa paling benar ini? Yap, kalian benar. Yang dipertanyakan adalah AGAMA Mikha Tambayong. Mereka kepo dong, apakah saat menikah itu Mikha masih beragama nasrani ataukah udah ikut keyakinan Deva 🤦‍♀️.

Saya serius bertanya, apakah yang ada di pikiran orang-orang ini? Kok bisa mereka mempertanyakan hal se-pribadi itu? Woyyyy, agama itu urusan masing-masing orang dengan Tuhannya. Kalian gak pantas tau dan mempertanyakannya. Mau Mikha menikah beda agama kek, mau mualaf dan nikah secara islam kek, itu bukan urusan kalian. 

Emangnya kenapa kalo Mikha dan Deva nikah beda agama? Apa urgensinya mereka harus menjawab pertanyaan kalian? Emang kalian Tuhan? Kalo emang mereka nikah beda agama, kalian mau bilang bahwa pernikahan itu gak sah di mata Tuhan, gitu? Ckckck, jadi netijen kok kurang kerjaan banget. Mikha dan Deva itu gak peduli pada pandangan dan pendapat kalian, stop merasa jadi orang penting karena kalian itu bukan siapa-siapa.

Emang gak bisa yaa ikutan mendoakan aja tanpa perlu mempertanyakan agamanya apa. Gak bisa yaa ikutan bahagia saat melihat orang lain bahagia? Kenapa suka banget memperkeruh suasana yang baik-baik aja? 

orang bahagia gini kok masih juga diganggu dengan pertanyaan kepo

Jujur aja, saya kadang bingung dengan sebagian netijen Indonesia yang kepo banget dengan privasi orang lain. Suka banget mempertanyakan hal yang gak ada sangkut pautnya dengan hidup mereka. Beberapa yang suka mereka tanyakan antara lain agama, alasan orang lain belum nikah, alasan orang lain gak mau punya anak, jumlah penghasilan dan beberapa hal pribadi lainnya. Semua ini semakin menarik bila objeknya adalah selebriti, seolah semua hal yang berkaitan dengan selebriti itu harus disebar dan diketahui khalayak 😥.

Baca Juga: Basa Basi Busuk

Dan yang menjengkelkan adalah ketika mereka udah diberi jawaban oleh si artis dan jawabannya gak sesuai dengan yang mereka inginkan, mereka protes lagi. Mereka menyalahkan alasan yang mendasari pengambilan keputusan itu. Misal ada yang ambil keputusan untuk child free alias gak mau punya anak (seperti kasus Rina Nose), si netijen maha benar ini akan mulai mencaci dan menyalahkan keputusan itu. Mereka heran kok bisa ada orang yang udah nikah tapi gak mau punya anak, padahal Rina Nose udah jelas-jelas memberitahukan alasannya bahwa dirinya gak sanggup. Tapi menurut netijen itu adalah alasan yang mengada-ada. Ckckck benar-benar bikin emosi emang si netijen ini 😠.

Kembali ke masalah keyakinan Mikha Tambayong..

Ternyata Mikha bukanlah satu-satunya artis yang dipertanyakan agamanya. Ketika saya iseng-iseng coba ketik nama Nicholas Saputra di kolom pencarian google, agama Nic juga menjadi hal yang paling banyak dicari di laman pencarian. Rasa ingin tahu terhadap agama apa yang dianut Nic lebih besar daripada rasa ingin tahu terhadap siapa istri Nicholas. Benar-benar membagongkan 🥴.

saat saya mengetik nama Mikha Tambayong & Nicholas Saputra di kolom pencarian google

Agar gak suka ikut campur urusan pribadi orang lain, netijen ini harus diberi kesadaran bahwa mereka tuh bukan siapa-siapa yang harus tahu semua hal pribadi orang lain atau selebriti. Mempertanyakan agama orang lain itu gak sopan, sama halnya dengan menanyakan gaji atau penghasilan orang lain. Apalagi urusan agama ini adalah urusan sensitif yang gak ada sangkut pautnya dengan kemaslahatan umat. Ia adalah hal prinsip yang gak boleh dicampuri dan memilih keyakinan sesuai dengan hati nurani adalah hak asasi setiap manusia yang dilindungi oleh negara dan undang-undang.

Memang gak bakalan ada habisnya kalo ngikutin kemauan netijen maha benar ini. Ahh kejadian ini mengingatkan saya pada pernikahan Jonas Rivano dan Asmirandah beberapa tahun lalu. Saat itu terjadi kehebohan karena setelah Jonas Rivano mualaf dan menikahi Asmirandah secara islam, keduanya kembali melakukan pernikahan secara nasrani di gereja. Publik dibuat gempar oleh hal ini, merasa kedua sejoli ini mempermainkan agama. Plot twist, Jonas dan Andah akhirnya mengaku bahwa Asmiranda-lah yang murtad dan memilih mengikuti keyakinan Jonas. Mereka berdua menikah di gereja dan karenanya publik sangat marah merasa dibohongi. Keduanya langsung di-blacklist karena menurut netijen, mereka berdua telah menista dan mempermainkan agama.

Setelah saya pikir-pikir lagi, saya menduga saat itu Jonas dan Asmirandah mengambil keputusan seperti itu mungkin aja untuk menghindari caci maki netijen, namun naas bagi mereka berdua ternyata rencana gak berjalan mulus. Yang terjadi justru sebaliknya, keduanya malah menjadi bulan-bulanan netijen.

Baca Juga: Ketika Lisan Lebih Tajam dari Pedang

Wahayyy netijen budiman nan maha benar, please stop ikut campur masalah prinsip orang lain. Kalian gak perlu tahu alasan orang lain memilih keyakinan yang sesuai hati nuraninya. Belajarlah menerima perbedaan, gak selamanya yang kalian anggap benar itu juga akan dianggap sama oleh orang lain. Yuk belajar menghargai keputusan orang lain, yuk!

Akhir kata, saya ingin mengucapkan "Happy Wedding, Mikha Tambayong & Deva Mahenda" Semoga kalian berdua selalu dilimpahi kebahagiaan dalam menjalani bahtera rumah tangga, langgeng hingga maut memisahkan, amiiin 🤲😇.

You May Also Like

24 Comments

  1. Aku juga baru tau beberapa hari lalu dari medsos kalo mereka nikah. Ternyata mereka ini dulunya sobatan, ya

    BalasHapus
  2. Seneng banget lihat Deva dan Mikha. Auranya positip. Pasangan serasi> Semoga langgeng, terlepas dari perbedaan agama antara keduanya. JAdi ingat sama JAmal Mirdad dan Lidya Kandau yang akhirnya cerai juga ya....

    BalasHapus
  3. Happy Wedding, Mikha Tambayong & Deva Mahenda
    Hehehe, jadi ikutan ngasih ucapan disini...

    Iya, aku personally juga sebel banget sama orang yang suka banget ngurusin urusan orang lain, apalagi yang sangat pribadi. Biarkan menjadi privasi mereka, kecuali mereka yang cerita sendiri...

    BalasHapus
  4. Doakan yang terbaik lah ya mendingan. Biar baik juga feedback-nya
    Oleh karenanya memang jangan terkepo² hehe

    BalasHapus
  5. Iya aku kaget ada berita perkawinan ini
    Meski terlalu mencampuri urusan pribadi, sebenarnya netizen ini wajar juga tanya mbak
    Secara sampai sat ini hukum resmi di Indonesia tidak mengakui pernikahan beda agama
    Mungkin mereka tanya Krn Bingung aja

    BalasHapus
  6. iya, saya juga bingung karena setiap nyari seleb di gugel, pasti langsung muncul pertanyaan agama
    Sepenting apa kita tahu agama orang lain (termasuk seleb)?
    dan apa manfaatnya?

    BalasHapus
  7. Tosslah Mba, saya baru tahu setelah mampir baca di blog Mba ini, baru tahu juga tentang Nic hehe, pun juga Rina Nose yang memilih child-free, kalau saya sih seperti alasan Rina yang nggak sanggup punya anak mungkin banyak faktor ya karena memiliki anak bukan soal mampu secara finansial saja. Kita nggak pernah tahu dan memang jangan bermudah-mudah menghakimi. Terimakasih sharingnya Mba.. ^^

    BalasHapus
  8. Saya loh tak bisa lepas mata dari foto di atas. Mulai dari ekspresi kebahagiaan, pakaian yang mereka kenakan sampai dekorasi yang ada di belakang itu. MashaAllah luar biasa indahnya. Warnanya juga selaras dengan materi dekor yang belum pernah saya lihat. Ah jadi pengen ngulik foto-foto pernikahan mereka yang lainnya.

    BalasHapus
  9. Happy wedding Deva dan Mikha, aku jg kaget mb mereka menikah kwkwkw karena udah lama ga ikuti kabar artis. Tapi ya netizen ini ada2 aja pakai kepoin agamanya segala, kayak Jonas dan Andah dl, padahal itu kan privacy sekali

    BalasHapus
  10. Bagikan dua sisi mata uang, kurang sreg sama perkawinan beda agama tapi yang namanya cinta, begitulah. Enaknya sih yang seagama

    BalasHapus
  11. Aku kaget juga mereka sampe nikah mba. Soalnya Deva kan islam, dan mereka keknya cinlok dari film deh. Soalnya dulu aku nonton filmnya, mereka bareng jadi 1 genk anak SMA.

    BalasHapus
  12. Sebenarnya masalah agama ini di INdonesia masih sangat krusial sih ya..
    Makanya agak aneh kalau kolom agama dihapuskan dari identitas di KTP.

    Semoga dengan berbagai sudut pandang, kita bisa memahami masing-masing netijen dan ikut bisa mengambil pelajaran yang mana yang baik dan kurang baik untuk dipertanyakan.

    BalasHapus
  13. Udahlah pusing bawaannya klo bahas netizen dg keponya yg naudubillah... privasi orang ingin diketahui lebih dalam. Padahal gk penting2 amat ngurusin hidup orang lain.

    BalasHapus
  14. ini yang seliweran di explore instagramku, Happy Wedding, Mikha Tambayong & Deva Mahenda... salfok sama mikha , jarang muncul tau-tau nikah dan cantik banget

    BalasHapus
  15. Batasan antara kepo dan julid itu emang tipis ya mbak, dan emang bakalan capek sendiri kalau nurutin maunya netijen.

    BalasHapus
  16. Happy Wedding, Mikha Tambayong & Deva Mahenda :D

    BalasHapus
  17. Saya kurang apdet juga nih mba ttg berita selebritis..cuma mengikuti 1 pasangan dan baru saja dpt kabar kapal yg kunaiki itu karam..hiks.. Ttg kepo soal agama, setuju bahwa itu sudah masuk pelanggan privasi..

    BalasHapus
  18. Karena masalah agama ini krusial kayaknya ya.
    Nikah beda agama sudah sejak lama dilakukan, hanya saja semenjak medsos menjadi satu satunya mainan kita semua - jadi semua perlu dikomentari

    Mungkin... (khusnuzon ya saya he he he) tujuannya supaya "Oh pernikahan beda agama juga bisa kok dilakukan tanpa dihalang rintangin ama ortu. bla bla bla "

    BalasHapus
  19. Kalau boleh jujur sih iya. Aku pun memiliki pertanyaan yang sama. Tapi kalau aku lebih ke apakah benar mereka menikah beda agama?

    Pertanyaan yang kumiliki berhenti di aku sendiri. Kupikir ya sudahlah. Itu kebahagiaan mereka. Urusan agama ya biarkan menjadi urusan mereka juga.

    Kehidupan mereka nggak memberikan kontribusi apapun padaku.

    Lalu ikut mendoakan kebahagiaan mereka. Beres. Case close.

    BalasHapus
  20. Aku sama sekali ga ngikuti berita seleb mbak. Nama deva mahendra aja baru denger ni hahahah... aku si prinsipnya mereja yg menjalani monsekuensi mereka yg hadapi ngaoain kita sibuk ngurusi?

    BalasHapus
  21. Netizen si paling kepo emang... kayak yang paling bener sendiri.. kezel juga saya ...kalo saya pas tau mereka menikah ikut hepi aja... pasangan ganteng dan cantik ini perfect banget

    BalasHapus
  22. Ya begitulah netijen, terkadang mereka merasa yang paling benar wkwkw netijen mana peduli soal privasi, belum lagi beberapa media yang justru mengipasinya malah seperti sedang menyiram bensin ke api wkwkw

    BalasHapus
  23. btw, saya tahu Deva dan Mikha menikah dari postingan Kak Ira lho tapi baru ini sempat komennya, hihih.

    pada akhirnya cuma bisa mendoakan yang terbaik aja buat mereka, moga bisa langgeng selalu, tentang agama, kembali pada mereka masing-masing karena ini menyangkut hubungan mereka dengan Tuhan :)

    BalasHapus
  24. Wah, mbak aku malah jadi googling sebetulnya mereka berdua ini siapa karena aku juga gak tahu. Ya ampun, maafkan diriku yang enggak update sama kondisi para artis di tanah air. Ada untungnya juga ya enggak pernah tahu menahu, jadi enggak kepo dan julid, hehe

    BalasHapus

Bikin acar dari kedondong
Setelah dibaca, minta komennya dong! 😉