Minyak Gosok yang Ada di Rumah Kami

by - April 15, 2023


Setelah beberapa waktu lalu menulis tentang minyak kayu putih asli dari Maluku, sekarang saya jadi kepikiran pengen nulis tentang minyak-minyakan yang ada di rumah kami yang sering digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing, hahaha ada-ada aja nih ide yang muncul di kepala đŸ™ˆ

Saya memang serandom itu gaes, apalagi hari ini adalah jadwalnya saya mempublish artikel di blog ini namun sampe jam segini belum ada ide cemerlang yang muncul, yang muncul malah ide absurd ini jadilah dieksekusi ajalah yaa daripada gak ada sama sekali, seperti kata pepatah tak ada rotan akar pun jadi, tak dapat ide cemerlang, ide receh pun tak masalah, hahaha đŸ˜‚

Ternyata setelah saya hitung, ada beberapa jenis minyak yang ada di rumah yang sering kami gunakan. Yang akan saya tuliskan ini adalah minyak gosok yang digunakan orang dewasa yaa, bukan minyak telon atau baby oil yang digunakan bayi atau anak-anak, soalnya karena saya masih punya balita jadi kedua minyak itu juga ada di rumah ini, hehehe

Penasarankah kalian minyak-minyak apa aja itu? Check this out:

Minyak Tawon

Minyak tawon adalah minyak yang harus selalu ada di rumah kami. Ia gak boleh kosong karena keberadaannya sangat dibutuhkan. Minyak tawon ini memiliki banyak kegunaan antara lain sebagai obat luka, obat lebam atau benjol saat kejedot, obat batuk ringan, obat sakit perut, obat digigit serangga, obat totol jerawat dan obat untuk beberapa sakit ringan lain, pokoknya dia bisa dibilang multifungsi karena menjadi obat pertolongan pertama saat terjadi luka atau sakit ringan.


Kebiasaan menyiapkan minyak tawon ini udah sejak dulu kami lakukan bahkan sebelum saya menikah. Di rumah mama si minyak tawon ini juga udah menjadi sahabat keluarga yang selalu ada. Menurut mama, saat kami (saya dan adik-adik) masih bayi, minyak tawon inilah yang dioleskan ke perut dan tubuh kami setelah mandi agar gak masuk angin alias pengganti minyak telon.

Saya termasuk yang jarang banget menggunakan minyak tawon karena gak suka baunya. Kalo kata teman saya, baunya kayak bau nenek-nenek, hahaha. Saya menggunakan minyak tawon hanya pada saat sedang luka atau sekali-sekali saya oles ke jerawat saat jerawat muncul di wajah biar gak terlalu perih.

 ✅ Minyak Kutus Kutus

Demam minyak kutus kutus yang melanda jagat facebook beberapa tahun lalu juga menyerang rumah kami, hehehe. Minyak gosok yang digadang-gadang memiliki sejuta manfaat ini juga menjadi penghuni rumah kami.

Dulu saya tertarik beli karena testimoni teman saya yang merupakan penjual minyak kutus-kutus ini. Katanya minyak kutus kutus ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak bila sering digosokkan ke badan anak. Sayangnya anak saya malah mabok saat saya gosokkan minyak ini karena gak suka baunya, jadinya setiap kali saya ingin menggosokkan ini ke badannya doi selalu menolak, huhuhu padahal harganya lumayan mahal menurut saya. Saat sedang pegal karena kelelahan, saya kadang-kadang pakai ini walau setelah pakai selalu dikomplain suami karena doi juga gak suka baunya. Sungguh anak dan bapak yang kompak! đŸ¤Ļ‍♀️

Mertua suka pakai minyak ini karena lumayan ampuh meredakan pegal-pegal yang ia derita. Saya juga beli minyak kutus kutus ini untuk mama agar beliau bisa pakai saat tubuhnya sedang pegal.

Mama's Choice Herbal Oil

Pertama kali pakai herbal oil ini adalah beberapa bulan setelah lahiran anak kedua. Saya yang saat itu masuk kantor setiap hari pulang pergi Baubau - Lakudo merasa sangat letih. Memakai minyak ini lumayan membantu membuat badan saya lebih rileks sehingga bisa tidur nyenyak di malam hari đŸ‘


Saat itu saya dapat minyak ini secara gratis dari sponsor dan reviewnya udah saya tulis d blog utama. Wanginya enak banget dan bikin tenang. Suami gak komplain saat saya pakai ini, malah beliau yang semangat pijitin saya setiap malam, hehehe.

Kekurangannya cuman satu si herbal oil ini yakni harganya yang lumayan menguras kantong, lebih mahal dari harga minyak kutus kutus, tapi memang diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga menjadi minyak yang selalu ada di rumah kami. Tak hanya minyak kayu putih asli tapi juga minyak kayu putih keluaran pabrik yang dibeli di toko. Minyak kayu putih keluaran pabrik ini biasa saya oles di jidat atau pelipis saat merasa pusing sedangkan minyak kayu putih asli ini selalu jadi andalan saat saya sakit perut masuk angin karena ampuh banget.

**

Itulah beberapa jenis minyak gosok yang menjadi sahabat kami di rumah. Kami bukan tipikal orang yang dikit-dikit langsung minum obat. Saat merasa sakit, biasanya kami atasi dulu menggunakan minyak-minyakan ini, nanti bila gak bisa ditangani barulah kami ke puskesmas untuk berobat.

Apakah kalian juga punya minyak gosok andalan di rumah, gaes?

You May Also Like

31 Comments

  1. Favorite keluarga saya jatuh pada minyak kutus-kutus. Selain aromanya lembut, khasiatnya juga banyak lho...

    BalasHapus
  2. Minyak kutus-kutus mantaap....
    Anak demam dan pilek diolesin kutus-kutus, eh besokannya baikan.
    Sekarang ngga selalu butuh obat-obatan lagi. Meski aromanya semerbak kemana-mana, its oke laaah

    BalasHapus
  3. Minyak tawon, minyak kayu putih sama minyak telon kalau di rumah daku kak. Wanginya punya ke-khasannya masing² hehe

    BalasHapus
  4. Di rumahku juga selalu sedia minyak nih. Mulai dari minyak kayu putih, minyak tawon, telon buat jaga-jaga saat mendadak butuh. Aku udah jarang pake kutus-kutus. Di sini agak jarang yang jual

    BalasHapus
  5. Ada. Selain minyak ayam, minyak urut GPU, juga ada tolak angin dan plossa. Hehehe

    BalasHapus
  6. Aku pakai minyak tawon dan minyak kayu putih udah lama banget kak dan cocok belum pernah coba yg lain sih

    BalasHapus
  7. Pingin banget beli minyak kayu putih asli Mbak
    sekarang ini saya selalu pakai minyak kayu putih pabrikan
    Karena rasanya nyaman banget
    Terkadang juga pakai minyak telon jika sedang kangen anak-anak :D
    Untung saya gak tertarik minyak kutus-kutus, karena mahallll ...:D

    BalasHapus
  8. Hai mom kita banyak kesamaan ya dalam minyak gosok. 2 minyak yang selalu ada di rumah kutus-kutus dan minyak tawon. Sangat berkasiat terutama saat pegal-pegal atau di gigit serangga

    BalasHapus
  9. Dari berbagai jenis minyak tersebut, saya hanya punya minyak kayu putih saja. Dan saya penasaran minyak kutus-kutus itu, karena manfaatnya banyak juga ya.

    BalasHapus
  10. Aku cuma punya minyak goreng eh minyak kayu putih pabrikan. Hehe.... Suka sama aromanya. Sering kupakaikan (sedikit) ke kucingku juga kalau mereka pilek dan hidungnya mampet. Oh, sama ada minyak herbal racikan temen di Bali.

    BalasHapus
  11. Minyak Tawon Makassar dan Minyak Kayu Putih Ambon selalu ada di rumah saya. Bener-bener ampuh buat ngatasin banyak masalah kulit, tulang, sakit gigi sampe jerawat hahaha. Untuk saya yang sering masuk angin dan masih suka kerokan, kedua minyak ini tuh membantu banget.

    BalasHapus
  12. Minyak Tawon adalah minyak gosok andalanku sejak kecil sampai punya anak kecil
    Hehe
    Khasiatnya tak tergantikan

    BalasHapus
  13. aku fans beraaatt minyak tawon.selalu nyetok d rumah. enaakk harum bgt

    BalasHapus
  14. kalau dirumahku ada minyak hpai, minyak tawon, minyak kayu putih, minyak gandapura yang kalo pake kerasa panasnya, minyak urut, wah ternyata banyak koleksi minyakku

    BalasHapus
  15. Minyak kutus-kutus ini memang luar biasa. Pasti anak-anak gak suka sama baunya sih ya.. Aku juga kalau gak tau manfaatnya, kayanya males, huhuh..
    Enakan wangi yang pedes sekaligus bisa melegakan pernapasan saat dibalurkan.

    BalasHapus
  16. minyak tawon juaranya, di rumahku meski ada beragam minyak-minyak gosok, harus ada minyak tawon. Terbukti ampuh buat benjiol, luka berdarah, dll

    BalasHapus
  17. Mantap nih Kak Ira rupanya di rumah juga menyediakan minyak-minyakan yang bermanfaat banget biar badan tetap terasa enakan walau banyak aktivitas yang dilakukan dan bikin pegal. Eh tapi minyak tawon kan buat obat kalo sedang benjol dan lainnya ya. Aku malah baru eungeuh nih kalau si minyak tawon bisa dikonsumsi. Kalau di rumahku pun ada beberapa minyak-minyakan sih seperti minyak telon (maklum ada anak kecil), minyak butbut (mirip kutus-kutus kali ya), sama minyak aromaterapi yang buat oles kalau pegel pegel itu lho Kak (ya ampun aku merasa jompo di usia dini hihihi).

    BalasHapus
  18. Minyak kayu putih selalu ada di rumahku mbak, biasa buat gosok-gosok dan kerokan kalau kerasa badan nggak enak.
    Minyak tawon pernah punya juga, dikasih teman yang baru bepergian ke Makassar, tapi nggak pernah dipakai, akhirnya dikasihkan buat tetangga

    BalasHapus
  19. Minyak kayu putih dan telon gak pernah ketinggalan di rumah kami, secara masih ada bayi. tapi kalau saya sendiri suka dengan minyak medicated oil.

    BalasHapus
  20. Wah iya, di rumahku juga selalu ada minyak gosok andalan
    Selain minyak kayu putih, di rumah ada minyak Tawon
    Minyak gosok andalan sejak dulu

    BalasHapus
  21. dulu, waktu saya masih kecil, papa yang suka nyimpen minyak tawon di rumah. emang minyak ini andalan banget ya, buat apa aja bisa, masuk angin, kejedot, jatoh, keseleo dll. cuma baunya aja mana tahan yaa hehe. terus sekarang saya sedia minyak herba sinergi mbak, minyak but but. andalan banget bisa untuk segala macam kebutuhan, dari mulai kejedot, keseleo, masuk angin, demam, jerawat, beneran bisa buat apa aja

    BalasHapus
  22. minyak kayu putih dan minyak tawon itu memang sudah jadi rahasia minyak tradisional turun temurun ya Kak, hihih, selain harganya yang ramah di kantong khasiatnya juga manjur doong, mungkin karena saking ngefansnya :D

    BalasHapus
  23. Aku tu penyuka minyak-minyak herbal yang baunya sedep, jadi yang menyengat aku skip sebenernya.. hanya saja sayangnya yang bersifat hot cream kok ya malah baunya yang menyengat!

    Aku jadi langsung ke blog satunya nih mbak, penasaran sama Cajuput Oilnya, secara gitu aku koleksi beberapa jenis Cajuput oil

    BalasHapus
  24. Aku juga sedia segala macam minyak seperti mba Ira, kok bisa jadi ide nulis gini sih, cerdas banget, hihiii

    Nah dari jenis yang dishare, hanya Mama's Choice Herbal Oil yang gak punya di rumah kami. Minyak kutus kutus itu cocok banget emang untuk ngobatin pegel pegel

    BalasHapus
  25. Aku selalu stok minyak kayu putih cap lang. Kayaknya sudah cocok saja dengan produk tersebut. Kalau masuk angin dikit, atau gatal-gatal, digigit serangga, biasanya langsung oleskan minyak kayu putih.

    BalasHapus
  26. Saya pernah punya minyak kutus-kutus, tapi Pak suami tak suka aromanya. Jadi ya, sudah tidak ada lagi. Yang ada kini hanya minyak kayu putih dan minyak telon.

    BalasHapus
  27. Kalo saya tuh yg wajib ada adalah minyak oles safe care.. wajib dibawa ke mana mana.. karena saya suka ngerasa pusing apalagi pas cuaca puanasss bener.. kalo anak anak sik cukup minyak kayu putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku sebagai sobat jompo tentu saja segala jenis minyak ada, mulai dari minyak angin cap kapak, minyak kayu putih, minyak oles freshcare, minyak tawon, bahkan minyak zaitun. Yang terakhir buat pijit sih:D

      Hapus
  28. Minyak kutus-kutus ini biasanya masih kuoplos sedikti dengan fresh care agar memberi kehangatan kwkwkw. Duh, udah lama ga beli fresh care ni.

    Nah kalau mamaku sukanya minyak polar bear

    BalasHapus
  29. Nomor satu sama dua andelan banget di rumah si. Istriku paling semangat sedia dan panik kalau minyaknya ga ada.

    Btw liat minyak tawon langsung keinget sama Om Leo. Soalnya tatonya gambar purol kocak banget wkwkwk

    BalasHapus
  30. Minyak urut dari Maluku memang terkenal ya, Mba. Biasanya buat anak biar gak masuk angin ya. Saya biasa pake minyak tawon juga. Kalo kutus2, adek suka pakein buat anaknya.

    BalasHapus

Bikin acar dari kedondong
Setelah dibaca, minta komennya dong! 😉