Lina Mukherjee Dilaporkan ke Polisi

by - Maret 18, 2023


Sebelum ada yang bertanya siapa gerangan si Lina Mukherjee ini, akan saya beritahukan kepada kalian semua, gaes. Doi adalah salah satu artis tiktok yang sosoknya tuh kontroversial bukan karena prestasi yang ia torehkan melainkan karena body dan cara berpakaiannya yang menurut banyak orang "di luar batas kewajaran". 

Baca juga: Sosok unik dan lucu yang muncul di fyp tiktok saya

Pertama kali sosoknya muncul di fyp tiktok saya dengan pakaiannya yang "yaa gitu deh", saya shock dan bertanya-tanya, kok bisa ada orang seberani ini tampil di publik dengan pakaian yang gak pantas seperti itu? Saya bingung, apakah gak ada orang di sekitarnya yang mengingatkannya bahwa cara berpakaiannya itu gak lazim? Atau mungkin orang di sekitarnya udah pasrah karena doi gak mau terima masukan?

Saking bingungnya, saya akhirnya kepoin profilnya dan menonton beberapa videonya. Setelah menonton videonya saya pun mahfum dengan apa yang terjadi, saya simpulkan sepertinya dia memang agak susah menerima kritik dan saran dari orang lain.

Walau gak sreg dan agak terganggu dengan cara berpakaiannya, namun saya sedih saat membaca banyak komentar hate speech dan body shaming yang ditujukan kepadanya, makanya saya ikutan senang saat video nge-gym-nya muncul di fyp saya. Saya ikut mengaminkan keinginannya untuk mendapatkan body goal agar orang-orang berhenti menghina fisiknya.

Baca juga: Berat badan yang mulai meresahkan

Berita tentang kedekatannya dengan Saipul Jamil juga sempat mewarnai fyp tiktok saya, namun berita itu gak bertahan lama. Entah bagaimana hubungan mereka saat ini, saya gak tahu lagi perkembangannya. Duh, jangan-jangan nanti ada yang bepikir saya fansnya Lina Mukherjee lagi, hahaha 😂🙈. Gak lah yaa, saya tahu beritanya karena videonya rajin banget muncul di fyp, jadi saya agak sedikit tahulah perkembangan beritanya. 

Setelah itu video Lina gak pernah muncul lagi di fyp saya, mungkin karena fyp saya dipenuhi berita tentang Selena Gomez vs Kylie Jenner & Hailey Bieber yang keseruannya mengalahkan sinetron itu. Hingga beberapa hari lalu doi kembali muncul dan membuat heboh dengan mengupload videonya makan babi.

Saat videonya muncul di fyp saya, saya sih biasa aja. Karena doi seorang influencer jadi saya pikir mungkin ini salah satu cara yang ia lakukan agar dapat panggung dan dibahas lagi sama netijen, makanya reaksi saya B aja. Menurut saya, selama videonya gak mengganggu yaa udah gak perlu dibahas apalagi diperpanjang, ntar dia kesenangan lagi 😌. Namun rupanya tanggapan saya berbanding terbalik dengan netijyen di luar sana. Mereka gak terima dengan video tersebut dan munculah banyak video yang menanggapi video Lina ini. Saya yang awalnya gak mau menulis tentang ini, akhirnya jadi ketrigger pengen bahas doi juga deh, hahaha dasar labil kamu, Ra! 😅

Lina yang diketahui beragama islam, dinilai gak pantas makan babi apalagi sampe direkam dan disebarluaskan ke khalayak ramai. Menurut netijyen yang terhormat, Lina udah melecehkan agama islam. Beragam tanggapan kontra muncul, mulai dari yang bahasanya biasa aja sampe yang bahasanya setajam silet dan menusuk ke ulu hati karena penuh hate speech dan body shaming.

Baca Juga: 3 Jenis live tiktok yang annoying

Selain heboh di tiktok dan sosmed lainnya, rupanya berita viral ini sampai juga ke telinga seorang ustadz bernama M Syarif Hidayah, SH yang tinggal nun jauh di Sumatera Selatan sana. Beliau gak terima dan langsung melaporkan Lina ke Polisi. Lina dinilai melakukan tindakan penistaan agama di kontennya. Menurut si ustadz, tindakan Lina salah karena mencampuradukan konten sara dan keimanan.

Lalu bagaimana tanggapan saya tentang pelaporan ini? Kalo boleh jujur, saya agak menyayangkan pelaporan ini. Menurut saya, harusnya Lina jangan buru-buru dilaporkan ke polisi melainkan diberi nasehat dan siraman rohani terlebih dahulu bahwa tindakannya itu keliru karena melanggar akidah. Namun si ustadz juga mungkin udah tahu watak Lina yang agak susah menerima kritik dan saran, jadi langsung menempuh jalan ini. Semoga aja setelah kejadian ini Lina bisa lebih bijak memposting video.

Saat ini mungkin Lina sedang menyesali keputusannya mengupload kegiatannya makan daging babi itu. Sebagai seleb tiktok yang punya banyak followers dan keberadaannya juga mulai diperhitungkan di layar kaca, wajar bila saat ini ada rasa takut kehilangan popularitasnya. Semoga setelah ini doi gak mengulangi kejadian serupa karena dapat menghambat perjalanan karirnya yang masih panjang.

Dan buat netijen yang marah dengan ulah Lina yang melanggar akidah ini, kalian boleh kok memberikan tanggapan, tapi kalimatnya tolong djaga dong, gak perlu mencaci maki dan menghina fisik Lina, toh Lina lah yang menanggung dosa akibat perbuatannya itu. Semoga Lina dan kita semua bisa mengambil hikmah dari kejadian ini agar sebelum memposting sesuatu di medsos harus dipikir matang-matang, jangan hanya karena mengejar #trending dan ingin viral kita sampai mengabaikan logika dan melanggar akidah.

Gimana tanggapan kalian tentang kasus Lina Mukherjee ini, gaes?

You May Also Like

35 Comments

  1. Saya sih ngehnya dia ini menyukai India gitu mbak. Makanya nama panggungnya milih nama belakangnya si Rani Mukherjee.

    Nggak pernah ngikutin, tau-tau muncul beritanya di koran online.

    Bukannya karena sama-sama berasal dari Sumsel saya setuju aja dengan pak Ustad. Soalnya,takutnya yg nonton malah meniru.

    BalasHapus
  2. Saya hanya sekadar tahu soal Rani Mukjerhee ini, Mbak. Soalnya lumayan heboh soal dia makan babi itu.Dan hal ini memang termasuk hal sensitif, karena babi kan haram dimakan oleh kaum muslim. Akan berbeda, kalau Lina itu non muslim. Hanya disayangkan, dia sebenarnya tahu hal ini, hanya dia melakukan demi viral.

    BalasHapus
  3. Hihihi baru tau kalo Lina Mukherjee seleb tiktok
    Karena banyak berita tentang dia makan daging babi
    Mungkin si Lina ini pansos, dan media butuh berita
    Jadinya klop kan?
    Dan ngapain dilaporin segala? Tambah naik dong namanya :D

    BalasHapus
  4. aku kaya ambu taunya dia itu si paling india gitu... jarang juga ada di tv jadi ga terlalu ngeh dia ngapain sampe viral
    ternyata oh ternyata hehe..

    kalo buatku yang ga ngikutin, ga peduli sih dia muw ngapain.. tapi kalo merasa dia seorang yang banyak dilihat dan ditiru orang mbok yaa jaga adab sopan santun etika aja... kalo muslim apalagi.. yaa masa ga tau halal haram mba mukerjee ini duhhh...


    BalasHapus
  5. Kalau saya.. karena jarang main tiktok.. jadi lebih update dramanya fandom Hailey Bieber vs Selena Gomez mbak.. Gak tau juga berita-berita tentang Lina ini XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi idem daku pun juga ndak tahu soal beritanya. Kalau pun buka TikTok Ndak masuk ke fyp daku beritanya, Alhamdulillah hehe

      Hapus
  6. kalau aku sih menanggapi hal ini dengan bijak aja. begini loh, yang makan babi kan dia, yang pada akhirnya menanggung dosa kan dia, agama itu urusan pribadi sama tuhannya. kalau sampai dilaporkan terlalu berlebihan sih. apalagi sampai menghina, yang tadinya kita misalkan berdosa dikit apa gak jadi semakin bertambah dengan menghina fisik? jadi ya itu urusan dia aja..

    BalasHapus
  7. Kontroversial is her habit siih..
    Tapi kembali lagi, kalo gak gitu, ya gak bisa femes.

    Jadi karena di awal video dia uda sadar banget kalo kelakuannya bakalan mengundang kontroversi, bukan hanya dari keluarga, tapi juga mungkin dari agamanya, tapi tetep dilakukan. Aslinya orangnya mah sadar banget kok.

    Gak apa-apa lah ya..
    Orang dewasa, mature dan bener-bener bijak bisa jadi membutuhkan sebuah proses.
    Jadikan pelajaran buat diri sendiri agar gak berbuat yang menampakkan keburukan diri sendiri.

    Karena sesungguhnya Allah sudah Maha Baik dengan menutupi aib manusia.
    Kenapa malah dibuka sendiri?

    BalasHapus
  8. Oooo ternyata ada yang ngelaporin ya? Kalau buatku sih Kak Ira, nggak ada yang perlu diperdebatkan karena dia begitu ya sebenarnya hanya mencari panggung saja. Makin dibahas orang, bisa jadi ia makin gembira. Terkait video dia mencicipi kriuk babi, paling nggak kan orang jadi tau kalo kriuk kulit yang hits itu terbuat dari kulit babi. Sebab urusan keimanan bagiku yaaa nggak perlu diumbar, oun urusan halal nggak sebatas pork and lard saja.

    BalasHapus
  9. Aku tahunya lina Mukherjee ini penggemar berat artis bollywood sampai bela-belaian ketemu artisnya. Jadi bingung kenapa sekarang dia jadi begini yaa?

    BalasHapus
  10. Agak anu sih si Anu ini wkwkwkwk.
    Bahkan saking anunya, kadang saya ikutan body shaming, biar kata dalam hati aja, lah video anehnya sering lewat sih, kan mata saya ternodai *halah hahaha

    BalasHapus
  11. Afwan, Daku malah ndak tahu doi. Karena memang ndak pernah muncul di fyp daku maupun IG. Ya semoga yang terbaik ya jalannya.

    BalasHapus
  12. Iya saya juga gak sengaja melihat postingan Lina ini memang luar biasa berani secara netizen kan komennya ampyuun deh. Setuju banget nih kak klo posting sesuatu di pikiran dulu jangan asal viral ya.

    BalasHapus
  13. Ya ampun kirain Rani Mukherjee namanya ternyata lona tho, mbak. Butuh Aqua nih diriku hahay. Semoga apa yg dialami Lina bisa mengantarkannya jadi pribadi lebih baik lagi aamiin

    BalasHapus
  14. Ampun deh kalau lihat si Lina ini. Aku suka geleng2 kepala melihat kelakuannya. Syukurlah ada yang melaporkan biar dia sadar dg apa yg dia lakukannya salah.

    BalasHapus
  15. Kalau aku tau dia tuh dr yg awal2 suka kenalan sama banyak body guard artis Bollywood. Suka main di pasar India biar koneksi banyak. Makanya banyak artis India kenal dan suka undang dia ke acara kan.

    Setelah viral dan ramai di info, kayaknya banyak yg punya pandangan lain ya, tentu dr pakaian jelas beda dan ga cocok dilihat di sini, walau di India kayaknya banyak yg gitu juga.

    Cuma aku baru tahu lg kalau semenjak hits di sini dia suka bikin sensasi yaa . Hihihi.. mungkin kayak aji mumpung. Dan tentunya lg2 ga sesuai dan ga tepat.

    Cuma udh tau gt aja ga ngeh lebih lanjut lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh begitu ya. Pantasan aja dia punya foto2 dengan artis2 bollywood. Aku pikir karena dia emang keturunan india jadi dekat sama artis2 bollywood. Btw, ngomongin dia jadi ghibah ga ya?

      Hapus
  16. terus terang aku ngga aware dengan ybs hehehe. Baru tau setelah baca info dari dirimu ini nih mbaaa

    BalasHapus
  17. warbiyak yaaaa para kreator jaman now.
    adaaa aja caranya biar viral. 😂

    BalasHapus
  18. saya malah ga pernah denger sama sekali tentang dia mba wkwkwk maklum ga pernah buka medsos saya tuh

    BalasHapus
  19. aku kurang tau berita ini sih tapi emang sebaiknya kita nggak gegabah pengein asal viral karena juga ada norma2 yang perlu kita pathui bersama

    BalasHapus
  20. Baru tahu berita tentang Lina dari postingan Mbak ini, masyaAllah ternyata hmm karena orang Islam makan yang haram pasti jadi perhatian dan viral. Semoga jadi pelajaran ke depannya karena biasanya kalau diposting dan orang banyak liat, terus ada yang mengikuti pasti bahaya banget ya. jadi dosa jariyah

    BalasHapus
  21. Pernah denger, tapi ngga detail sih. Menurutku apapun itu hal baik atau buruk akan kembali kepada diri masing-masing, maka lakukanlah hal hal baik dan ingat juga jejak digital yang akan berpengaruh dimasa depan

    BalasHapus
  22. Baru aja tadi baca beritanya. Sekarang orang tuh ngadi-ngadi. Makan Babi pakai baca Bismillah. Dasar budak konten. Moga aja dia segera sadar ya

    BalasHapus
  23. Aku kadang merasa kasian dengan org2 kyk Lina ini, kyk berusaha nyari perhatian demi cuan saking mungkin enggak punya keahlian lain buat bekerja atau bagaimana. Kalau ada yang melaporkan ke polisi kurasa mungkin itu teguran dari Tuhan buat dia. Semoga saja kena masalah kyk gini bisa bikin dia merenungi kesalahannya dan bisa hidup dengan lebih baik lagi. Syukur2 ada yang nolongin dia dengan kasi kerjaan, mislanya, biar gak berperilaku kontroversial lagi.

    BalasHapus
  24. Suka lewat tuh di Fyp aku, tapi Emang kelakuannya orangnya ajaib banget sih jadi udah biasa dia ngelakuin hal yang nggak jelas atau aneh-aneh jadi ya mungkin itu emang brandingnya dia

    BalasHapus
  25. oalaah tadinya saya pikir Lina Mukherjee itu aktris Bollywood Indiaheee, ternyata yang lagi dekat dengan Saiful Jamil toh.
    moga sih dengan kejadian ini si Lina lebih hati-hati lagi, dan buat yang lainnya juga janganlah mancampuradukkan dan mempermainkan yang berhubungan dengan agama.

    BalasHapus
  26. Ngak pernah muncul di FYP saya sih, malah munculnya di FB dan baru tahu juga ada kontennya "makan babi" jadi ilfeelllah aku, kalau bukan muslim sih gak masalah tapi kan muslim ya si Rani ini. Daripada dilaporkan polisi mungkin ya perlu dinasihati aja kali ya karena biar bagaimanapun dia juga kan publik figur (banyak followersnya)

    BalasHapus
  27. Kok aku kudet yaa ga tau siapa si Lina ini hehehee... emang sih saat ini ada aja orang kayak Lina yang melakukan cara apapun untuk bisa viral. Belakangan baru deh nyesel setelah mengalami kejadian tidak mengenakkan begini.

    BalasHapus
  28. Gaya berpakaiannya Lina emang wow sih, bikin geleng2 kepala. Klo ada konten ttg dia yg lewat di timeline kadang tak skip. Yg kasus makan babi sempat kaget juga sih..Eh, ternyata ada yg laporin dia ya..

    BalasHapus
  29. Aku jujur nggak begitu ngikuti kasus ini. Semoga saja saling menjaga agar tidak terjadi hal seperti ini mba.

    BalasHapus
  30. Tahu namanya waku dikabarkan dekat sama Saipul Jamil
    Habis itu, hm.. sering bikin hal-hal yang kontroversial ya memang dia 😂

    Kaget tapi ya nggak kaget amat pas rame dia makan babi

    BalasHapus
  31. aku baru tau siapa dia setelah baca tulisannya mbak hahaha karena kebetulan nggak punya tiktok. kalau lihat dari komen dan info mbak ira, memang kayaknya cukup kontrovesi ya si mbaknya ini hmmm

    BalasHapus
  32. Karena sering muncul di Fyp Tiktokku, jadi cukup ngikutin berita ini. Kayanya emang ada gangguang kejiwaan deh mba Lina Mukherji ini. Selain cara berpakaian dan kasus makan babi, memang dia selalu cari uang dengan jalan kontroversial

    BalasHapus
  33. aku malah taunya dari FB. Tapi kayanya dia nggak ada menyesal-menyesalnya deh mbak. Tapi semoga saja anggapan saya ini keliru...

    BalasHapus

Bikin acar dari kedondong
Setelah dibaca, minta komennya dong! 😉