Kejutan Dadakan

by - Maret 04, 2023


Tanggal 01 Maret 2023 lalu, saat kami sedang bersantai usai makan siang, salah satu rekan tiba-tiba nyeletuk, "Wahh tanggal 03 Maret nanti Pak Kadis ultah, loh, yuk kita kasih pesta kejutan sederhana". Celetukan teman ini langsung disetujui rekan-rekan yang lain.

Lalu mulailah kami membahas perihal rencana kejutan ini di grup "Pangan Ceriwis", grup ciwi-ciwi kantor kami. Kami mulai menyusun rencana kejutan apa yang harus diberikan kepada Bapak. Hadiah yang akan diberikan pun menjadi perbincangan menarik. Dan setelah melalui diskusi yang cukup panjang, akhirnya kami sepakat untuk memberikan sebuah kue ulang tahun plus puding buah buat Bapak. Untuk makan-makannya, kami sepakat makan gorengan plus saraba (minuman khas Sulawesi yang terbuat dari santan, gula merah dan jahe) aja. Duh maafin kami yaa, Pak. Sesungguhnya kejutan ini memang benar-benar dadakan, jadi semuanya serba apa adanya, huhuhu ðŸ˜¢

Baca Juga: Serba serbi Tugas Luar (TL)

Pada hari H, Bapak datang ke kantor seperti biasa. Kami yang udah merencanakan kejutan untuknya juga bersikap biasa aja. Hingga terjadilah sesuatu yang gak pernah kami duga sebelumnya yakni secara tiba-tiba bendahara pengeluaran mengundurkan diri. Bapak yang awalnya bersikap santai, langsung memanggil kami semua untuk mendiskusikan keputusan yang dibuat pak bendahara.

Pak Kadis menanyai kami satu per satu perihal kesediaan kami untuk menjadi bendahara menggantikan bendahara lama yang mengundurkan diri. Diskusi yang kami lakukan itu gak membuahkan hasil karena semua yang ditunjuk gak ada yang bersedia memangku jabatan yang berat itu. Hingga tiba saatnya shalat jumat, Bapak memutuskan untuk mengakhiri rapat dengan catatan akan menunjuk langsung bendahara pada hari Senin nanti.

Setelah Bapak pergi shalat jumat, kami langsung beraksi, kami berbagi tugas mengerjakan apa yang bisa dikerjakan demi kesuksesan rencana dadakan ini. Ada yang menghias puding buah, mengupas pisang dan menggorengnya, mengambil kue tart ke penjualnya yang lokasinya kurang lebih 10 km dari kantor dan menghiasi ruangan Bapak dengan balon dan hiasan khas ulang tahun. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Semua yang kami kerjakan selesai sesuai waktu yang diperkirakan.

Baca Juga: Alasan saya memilih sebagai working mom

Kurang lebih pukul 14.00 WITA, Pak Sekdin (sekretaris dinas, red) menelepon Pak Kadis agar segera datang ke kantor. Pak Sekdin mengatakan bahwa ada beberapa perangkat desa yang sedang menunggu untuk meminta tandatangan Pak Kadis mengenai penyusunan APBDes. Sesungguhnya ini adalah alasan yang sengaja dibuat Pak Sekdin agar Pak Kadis segera datang dan alasan ini sangat ampuh karena Pak Kadis langsung datang ke kantor karena beliau gak mau membuat tamunya menunggu.

Mendengar Pak Kadis akan datang, kami pun bersembunyi di ruangan Bapak. Mematikan lampu ruangan sembari deg-degan menanti kehadiran Bapak. Dan tepat lima menit kami gelap-gelapan di dalam ruangan, tiba-tiba pintu terbuka, Bapak menyalakan lampu dan dari luar ruangan terdengar musik ucapan selamat ulang tahun bertepatan dengan itu kami pun bersorak menyatakan selamat ulang tahun kepada Bapak. Seperti dugaan kami, Pak Kadis terkejut, beliau gak menyangka akan mendapatkan kejutan dari kami semua.

Mata Bapak berkaca-kaca, sepertinya beliau terharu. Kami sangat bahagia melihat ekspresi Bapak yang seperti itu karena apa yang terjadi sesuai dengan yang kami harapkan. Setelah suasana tenang dari riuh rendah suara kami, Pak Kadis mulai berbicara. Beliau mengucapkan terimakasih atas kejutan yang kami berikan. Beliau benar-benar gak menyangka akan mendapatkan kejutan manis di hari spesialnya itu. Kami pun memohon maaf karena hanya bisa memberikan kejutan sederhana ini di hari bahagia itu.

Baca Juga: Ketika si penakut jalan sendiri

Acara dilanjutkan dengan foto-foto dan makan pisang goreng plus menyeruput saraba. Ahh semoga hal sederhana yang kami lakukan hari ini akan menjadi kenangan indah yang akan diingat Bapak di masa purnabakti nanti. Ulang tahunnya kali ini sekaligus penanda bahwa masa pensiun beliau tinggal setahun lagi ☹️



Kami sangat menghargai Bapak. Hampir semua pegawai di kantor kami sepakat bahwa Pak Kadis adalah pimpinan yang bijaksana, disiplin, tegas dan visioner. Beliau menjadi sosok yang paling kami hormati di kantor, bukan cuman karena beliau adalah pimpinan kami melainkan karena Bapak memiliki kepribadian menarik ðŸ‘ðŸ»

Akhir kata, selamat ulang tahun ke-59, Pak. Semoga Allah senantiasa memberi Bapak kesehatan, makin berkah usianya, semakin bijaksana dalam bertindak dan mengambil keputusan dan semakin bahagia bersama keluarga tercinta. Doa terbaik kami panjatkan buat Bapak ðŸ¤²ðŸ»ðŸ˜‡

You May Also Like

25 Comments

  1. Jauh banget kak toko kuenya sampai 10KM wowww.

    BalasHapus
  2. Aduh.. Duh.. Di sini lagi hujan dan ada Saraba plus pisang goreng. Wih.. Nyamanna itu. Apalagi ada lombok'na hahaha. Kejutan yang manis ya, Mbak. Pastinya akan terus dikenang.


    BalasHapus
  3. waaaa....senengnya punya grup pangan ciriwis, kebayang rameeee....
    Saya belum pernah minum saraba, Mbak
    Gugling ah, besok bikin
    Mungkin mirip bajigur di Bandung ya? Tapi saraba rasanya pedas karena ada jahe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya..aku juga penasaran nih dg wedang saraba ini. Apakah seperti rasa sekoteng / ronde ya? Mudah2an bisa nyicip juga kapan2..

      Hapus
  4. Sweet banget mbaak. Tapi gak nyangka juga ya, yang mau buat kejutan juga dapet kejutan duluan (karena pengunduran diri bendaharanya).

    Mudah-mudahan jadi kenangan manis tak terlupakan buat Pak Kadis ya 😊

    BalasHapus
  5. Ada foto kue yang menarik, tapi entah mengapa saya ngiler membayangkan pisgor dan saraba hahaha.
    Hal-hal begini yang bikin kangen ngantor ya, ketika melakukan sesuatu di luar rutinitas, yang bikin semangat kekeluargaan di kantor jadi lebih terasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, momen seperti itu yang berkesan dan akan selalu diingat, meski mungkin sudah tidak bekerja satu atap lagi

      Hapus
  6. Wah, senang kalau baca cerita teman kantor yang bisa kompak seperti ini
    Pasti suasana kerja jadi lebih menyenangkan ya mbak

    BalasHapus
  7. Sehat-sehat selalu ya Pak.
    Kejutan yang berkesan, dan bisa nih jadinya makin mengakrabkan semuanya

    BalasHapus
  8. MashaAllah~
    Aku ikutan seneng banget bacanya. Bukan hanya karena kesuksesan dalam memberikan kejutan kepada Bapack pimpinan, tetapi juga suasana kerja yang menyenangkan dan kompak sangat terlihat dari cerita kak Ira.

    Kerja seperti ini bikin betah ya...
    Dan tentu akan sedih sekali jika salah satunya di mutasi atau resign seperti pada posisi bendahara,

    Selamat ulang tahun ke-59, Pak Kadis.
    Semoga senantiasa sehat dan dipenuhi keberkahan selalu.

    BalasHapus
  9. Selamat ulang tahun pak Kadis ke 59, seneng banget lihat kegembiraan kejutan seperti ini, pasti jadi kenangan indah buat seorang pemimpin seperti ini, dicintai dan dihormati anak buahnya

    BalasHapus
  10. Wah senang membaca cerita kebersamaan seperti ini..karena di kantor memang seperti keluarga besar ya. Jika suasana akrab dan kondusif tentu semangat kerja jadi makin meningkat.. Selamat ultah utk pak Kadisnya ya..

    BalasHapus
  11. Aaaiihhh seru banget Mbak Ira. Kasih kejutan di hari ultah tuh tanda kita memperhatikan orang yg bersangkutan. Apalagi untuk masa-masa khusus seperti ulang tahun. Terkadang loh kejutan kecil tuh bisa jadi begitu dikenang oleh orang yang bersangkutan.

    BalasHapus
  12. Waahh, pasti ini jadi pengalaman yang luar biasa untuk diingat selamanya.

    Keren mba Ira. Semua orang yang terlibat dalam perencanaan dan penyelenggaraan kejutan ulang tahun ini pasti merasa sangat istimewa. Semoga Pak Kadis tetap sehat, bahagia dan sukses selalu yaa. Aamiin

    BalasHapus
  13. Mbak Ira ini menulis kejadian sehari-hari di blognya kaya luwes gitu. Senangnya bisa dikelilingi banyak orang baik di lingkungan pekerjaan ya mbak, semoga dimudahkan dan diberkahi selalu

    BalasHapus
  14. wah beruntung banget ya kalau kita bisa jadi atasan yang dihormati dan disayangi sama anak buah bahkan saat mau pensiun juga pasti berasa sedihnya

    BalasHapus
  15. Senang baca cerita ini
    Suasana kekeluargaan antar rekan kerja seperti ini bikin kerja jadi adem ya mbak
    Bawahan menghormati atasan

    BalasHapus
  16. Aduhh serunya punya teman kantor yang kompak kayak gini ya mbak. Alhamdulillah semua kejutannya berjalan sesuai rencana. Salut juga sama Pak Kadisnya. Yang nggak mau membuat Tamu lama menunggu. Semoga sehat selalu ya pak. Dan selalu amanah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab😊

    BalasHapus
  17. Seneng ya kalau punya pimpinan, teman kantor yang baik gini. Pakai diadain ultah segala. Berarti emang pada sayang ya. Syukur kejutannya berhasil

    BalasHapus
  18. Serunyaaa...!
    Pak Kadis pasti bangga punya anak buah yang kompak dan kreatif semua.
    Eh kalau bagian bendahara yang mengundurkan diri itu bukan bagian dari acara kejutannya? Nge-prank atau beneran?

    BalasHapus
  19. Merencanakan surprise tuh emang menyenangkan, apalagi kalau timnya kompak seperti ini.

    Semua yang terlibat tentu bahagia ya.

    Saya penasaran dengan Saraba. Apa mungkin mitip dengan bandrek ya kalau di sini

    BalasHapus
  20. hehehe kejutan yang seru yaaa mba.. dan moment ultah memang sering dipakai untuk beri kejutan ya mbaaa

    BalasHapus
  21. Kuenya cantik dan tampak menyegarkan..
    Rasanya senang sekali punya rekan kerja yang menyenangkan dan kompak.
    Sukses selalu, Bapak Kadis.

    BalasHapus
  22. Barokaallah buat Pak Kadis, kuenya bikin gemes banget pengen nyicip, hehehe. Spesial banget ini ya sampai dibuatkan acara ultah bersama, pasti seneng banget

    BalasHapus
  23. Selamat ulang tahun, Pak Kadis. Sehat selalu ya dan berkah usianya. Pengalaman yang seru banget ini ya acaranya dan pasti senang banget bekerja kalau punya pimpinan yang bijaksana

    BalasHapus

Bikin acar dari kedondong
Setelah dibaca, minta komennya dong! 😉