3 Jenis Live Tiktok yang Bikin Emosi Saat Menontonnya

by - Desember 03, 2022


Hahaha judulnya sungguh anu banget yaa. Iya nih, entahlah tiba-tiba aja pengen nulis ini karena beberapa kali scroll live tiktok yang muncul kok video-video yang bikin naik tanduk dan menguji iman saya. Jadi daripada kekesalannya dipendam sendiri mending ditulis aja, kali aja suatu saat nanti, di masa mendatang, di saat video-video annoying kayak gini udah gak jaman lagi saya bisa membaca tulisan ini lagi. Saya bayangkan kayaknya bakalan lucu mengenang hal ini, hahaha đŸ˜„

Jujur aja, sejak ongkir di toko orens udah gak semurah dulu, saya mulai suka jajan-jajan manjyah di tiktok. Biasanya saya suka nontonin live pedagang yang muncul di beranda tiktok saya. Kalo ada yang disuka, langsung check out (walau kadang barangnya gak butuh-butuh amat. Duh, yang ini jangan ditiru yaa 😝🙈)

Namun rupanya, bukan cuman video live pedagang yang suka muncul di beranda tiktok saya. Ada banyak jenis video yang disiarkan orang-orang juga muncul di beranda saya, yang mana beberapa di antaranya tuh bikin emosi dan gak ada faedahnya sama sekali namun anehnya yang nonton bisa banyak banget sampe ribuan bahkan puluhan ribu. Melihat fenomena ini saya pun bingung dan heran. Ini penonton sebanyak itu emang benar-benar terhibur ataukah gabut gak ada kerjaan sama sekali? Kok mereka betah nontonin orang live dengan modelan kayak gitu đŸ¤”

Baca Juga: Sosok Random Unik & Lucu yang Muncul di FYP Tiktok Saya

Hmm, memang live-nya seperti apa sih hingga membuat saya emosi saat menontonnya? Biar gak penasaran, berikut saya sebutin tiga jenis live tiktok yang saya maksud, check this out!

😩 Live orang yang di belakangnya ada kertas bertuliskan "Yang bisa bikin saya ketawa, saya kasih handphone keluaran terbaru, uang tunai atau barang berharga lainnya"

Sejak pertama video live ini muncul di beranda tiktok saya, saya langsung mengernyitkan alis dan bertanya dalam hati. Ohh ada yaa, jenis live seperti ini? Dan yang lebih mengejutkan adalah penontonnya banyak banget euy. Gak tanggung-tanggung, penontonnya ribuan bahkan sampe tembus puluhan ribu, ckckck. Para penonton itu berlomba-lomba komen dengan kalimat lucu-lucu berharap orang yang live bisa tertawa saat membaca komen mereka dan mereka bisa mendapatkan barang yang dijanjikan. Duh, saya langsung membatin, ini yang nonton apa gak sadar kalo mereka cuman "dikibulin" sama yang live ini yaa? 

Baca Juga: Be a Smart Netijen!

Pengen banget saya bilang ke ribuan penonton itu untuk sadar bahwa mereka cuman dimanfaatkan. Justru yang live inilah yang sebenarnya sedang butuh uang, yang live itu butuh gift dari penonton. Itu trik mereka buat dapat cuan. Melihat fenomena ini saya akhirnya disadarkan bahwa ternyata masih banyak orang yang mudah diperdaya dan rela menghabiskan banyak waktu dan kuota internet untuk nonton live kayak ginian.

😩 Live Kekeyi

Disclaimer dulu nih: Saya bukan hater Kekeyi yaa! Walau gak suka pada doi, tapi saya juga gak benci padanya. Saya justru kagum pada perjuangannya yang dari nol hingga bisa sukses seperti saat ini đŸ‘đŸģ

Mengapa live Kekeyi di tiktok bikin saya emosi? Jadi begini ceritanya, gaes! Saat sedang scroll live di tiktok, video Kekeyi muncul, di judulnya (kalo gak salah ingat) tertulis video tutorial make up apaaa gitu. Saya tertarik dong buat nonton, saya tungguin dia dandan tapi sampe sepuluh menit berlalu doi gak dandan-dandan juga euy, yang doi lakukan adalah mengucapkan terimakasih kepada semua yang memberikannya gift. Yang jadi masalah adalah, yang kasih gift ke dia itu banyak banget woyyyy. Dan doi juga ngulang-ngulang terus ucapan terimakasihnya. Alhasil dandannya gak kelar-kelar dan saya yang gak sabaran ini jadi esmosi melihatnya, hahaha 🙈. Kalo ini sepertinya bukan salah Kekeyi yaa, tapi salah saya yang gak sabaran đŸ˜

😩 Live orang yang makan makanan gak biasa (misalnya kaktus, beragam jenis bunga) dicampur sambal super pedas (sambalnya ditaroh dalam cobek)

Reaksi saya saat pertama kali melihat live ini sama seperti melihat live yang pertama. Saya langsung kasihan pada ribuan penonton yang penasaran ingin menyaksikan atraksi ((ATRAKSI)) fenomenal di layar handphone mereka, namun yang mereka dapatkan adalah nol besar karena ternyata mereka di-php sama yang live. Ingin kuteriak kepada para penonton itu agar mereka sadar bahwa yang live ini cuman bergaya doang. Mereka tuh cuman pura-pura aja dan gak ada niatan untuk melakukan apa yang udah dijanjikan ke penonton.

Orang-orang yang melakukan live ini memanfaatkan rasa penasaran penontonnya. Mereka berharap penonton akan penasaran menunggui mereka makan (yang akhirnya gak jadi makan juga). Mereka ini pura-pura mau makan (saya yakin mereka juga sebenarnya takut mati kalo makan kaktus berduri itu đŸ¤Ŗ), cuman karena pengen cuan alias gift dari penonton baik hati, jadinya yaa mereka bela-belain melakukan hal itu. Hahaha dasar peng*mis online! 

Dan sama seperti Kekeyi, saat mendapatkan gift, mereka akan mengucapkan terimakasih dengan mata berbinar. Ini sekaligus menjadi alasan bagi mereka untuk menunda memakan kaktus berduri itu. Bila gak ada yang kasih gift, yang live itu pura-pura hendak memasukkan kaktus yang udah dicampur sambal ke mulutnya, namun baru aja tangannya terangkat, mulutnya kembali berbicara, minta tap-tap layarnya dong! Hahaha benar-benar dagelan yang berhasil mengaduk-aduk emosi penonton yang gak sabaran kayak saya.

~~

Itulah 3 jenis live yang menurut saya bikin emosi, unfaedah dan gak ada gunanya sama sekali. Saya berharap semoga semakin banyak warga tiktok yang sadar bahwa live-live kayak di atas adalah penipuan dan pembodohan dan menontonnya adalah kegiatan buang-buang waktu.

Lalu live seperti apa yang saya suka di tiktok? Agak random sih, tapi biasanya saya suka nonton live orang yang memberikan tutorial make up, live pororo si kucing lucu nan menggemaskan juga influencer-influencer yang jualan pakaian, sepatu, tas dan barang-barang rumah tangga lainnya.

Untuk video tiktok, Saya juga suka video yang lucu-lucu, video work out untuk mengecilkan perut, video spoiler drama korea yang sedang ongoing, video tentang Princess Leonor, video tentang Nicholas Saputra, video tentang artis India dan  video-video motivasi yang bisa menambah semangat saya dalam menjalankan peran sebagai ibu bekerja beranak tiga yang merangkap sebagai momblogger.

Baca Juga: Alasan Saya Memilih Sebagai Working Mom

Oh iyaa, hampir lupa, beberapa saat lalu saya pernah melihat viti (video tiktok, red) yang dibuat oleh seorang mahasiswi berdarah Bugis yang saat ini sedang tinggal di Malaysia. Si Mahasiswi ini menguasai beberapa bahasa mulai dari bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, bahasa Inggris, bahasa Arab hingga bahasa Jerman. Saya langsung jatuh cinta pada video-video yang dibuat si mahasiswi ini, sayangnya saya lupa follow dan lupa nama akunnya. Adakah yang juga suka viti-viti si cantik ini? Kalo ada, boleh bisikin nama akun tiktoknya yaa, biar saya bisa follow akunnya.

Wow, gak terasa tulisan tjurhat yang diawali rasa emosi ini udah lebih seribu kata. Pantasan aja tangan ini udah mulai pegal, hehehe. Biar gak makin panjang dan kemana-mana, tulisannya saya cukupkan sampai di sini yaa, mohon maaf bila di atas ada kata-kata yang kurang enak dibaca đŸ™

You May Also Like

23 Comments

  1. Live mukbang makanan yang ga biasa ini. Seringnya lihat orang makan cabe udah kaya makan nasi. Udah ngga paham lagi itu lambungnya terbuat dari apa :"

    BalasHapus
  2. Setuju banget, suka heran sama orang yang live seperti itu, malah kadang ada juga yang mandi lumpur, ada juga yang satu gift dia akan mengguyur badannya, aneh sekali, penontonnya juga banyak banget, kasian yang nonton, gasadar nonton yang ga jelas seperti itu

    BalasHapus
  3. Bikin acar sambil makan kedondong, Mbak Ira aku mau komen dong. Lucu banget ya ada pantunnya begini. Aku pribadi belum pernah lihat live tiktok loh btw, baru pernah sekali pas saudaraku bikin tiktok dia live, ya kaya lg videocall ya tapi satu arah. yang aku bingung kalau selebgram apa artis lg live itu ngomongin apa ya haha.

    BalasHapus
  4. Ada juga tuh live yang bikin annoying yaitu ngemis online dengan bilang kalau belum makanlah supaya dikasihani dan bla..bla..bla..Lha itu duit buat beli kuota mending buat makan aja ya..

    BalasHapus
  5. Akuhhhh gak pernah liat live tiktok hihihi.. tapi obsesi FYP emang bikin orang jadi aneh aneh bikin kontennya.. aku banyak liat konten aneh itu di share di twitter.. pengennya ada aturan tiktok yang tegas sama konten aneh gak masuk akal plus hoax.. karena konten konten begini tuh bahayaaa

    BalasHapus
  6. Aku ga ada akun tiktok dan aplikasinya nih Kak tapi kadang potongan video live di IG dan rasanya woow ternyata semesta tiktok bisa seajaib itu (kirain adanya yg semacam bunda Corla atau kak Jill aja ternyata cemacem konten kreatornya).

    eh beneran tiktok bisa ngasilin duit dari gift-gift gitu yak.

    Terakhir baca berita malah ada live ibu2 yg nyiram dirinya sendiri biar dapat gift dari penonton, iih kok kasian liatnya.

    BalasHapus
  7. Sudah pernah belum mbak menyaksikan live ibu-ibu pakai hijab yang mandi di sungai? Duh.. bikin gregetan. Mana sore-sore hingga malam. Sampai disuruh penonton berhenti dulu untuk sholat karena sudah magrib. Ada lagi live pemuda2 yang mandi lumpur. Astaga...

    Sejauh ini isi live yang aku tonton kebanyakan orang jualan koper, baju bekas sama skincare. Live yang cringe aku skip, hehe 😉

    BalasHapus
  8. Lima tahun terakhir, saya semakin sadar kalau saya jauh lebih suka menghabiskan waktu membaca teks. Menyimak video, lebih ke konsep beragam jenis tontonan hiburan seperti film, drakor atau kontes musik. Jadilah konten-konten di Tiktok jarang jadi rutinitas keseharian saya. Jadinya lagi, gak terlalu paham dengan jenis konten TikTok Live.
    Tampiasih sudah buatkan tulisan terkait live TikTok ini yaaa.. Bisa lebih waspada dan buru-buru skip kalo misal muncul di TL

    BalasHapus
  9. jujur aku termasuk jarang menonton siaran live di tiktok apalagi kadang kulihat live-nya juga aneh-aneh. hehe. lebih senang lihat konten di instagram kalau aku

    BalasHapus
  10. Satu lagi mbak. Konten orang yang joget ga sampai 10 detik dan lipsing lagi. Itu apa yang dibanggakan? Aduh, konten edukasi jadi tenggelam.

    BalasHapus
  11. duh untung saya gak ikut nonton
    Karena baru baca tulisan Mbak Ira saya ikutan emosi hahaha
    Saya pernah lihat ibuk2 mandi malam2 untuk dapat gift
    omaygat! :D

    BalasHapus
  12. Tambah say, live orang yang tiap hari sahabatan sama anjing :D

    Heran saiah, kenapa sih orang-orang itu, nggak bisa kalau ngomong nggak pakai anjing atau anying atau apalah itu.

    Apakah mereka ingin menyetarakan dirinya dengan si anjing lucu itu, astagfirullah, maap akoh terbawa baperkuh wakakakakak

    BalasHapus
  13. Aku ga nonton live tiktok..tapi kalaupun sampai nonton ketiga jenis live ini memang ngeselin annoying dan mending aku kabur deh
    Suka heran sama netizen kadang dikibulin gitu ga tau..duh itu ga ada kerjaan apa ya yang ribuan nonton live unfaedah...lah esmosi juga akutu

    BalasHapus
  14. Saya malah tidak pernah nonton live tiktok, Mbak. Tapi ada juga yang lewat. Makanya saya tau, banyak artis yang suka live, termasuk Dimas Seto dan Dini Aminarti.
    Nah, kalau buka tiktok, saya sukanya yang lucu-lucu. terus tips-tips traveling, termasuk cari akun yang bisa duet nyanyi hahaha.

    BalasHapus
  15. Saya jarang scroll Tiktok. Kadang-kadang aja sih buka aplikasi ini. Seringnya cek harga di Tiktok Shop yang katanya lebih murmer. Emang kadang suka bingung gitu ya, konten unfaedah tapi kok yang view, like ribuan.

    BalasHapus
  16. Saya gak punya akun Tik Tok. Jadi belum ada bayangan bagaimana artis-artis on-line seru "berlaga" di Tik Tok. Tapi dengan membaca ini kok saya jadi ngakak gak brenti-brenti. Terutama cerita tentang Kekeyi hahahaha. Saya kalau jadi Mbak juga bakalan emosi keknya. Kebanyakan preambule dan kelakukan atau ucapan yang berulang-ulang. Pastinya bikin gemes banget itu hahahaha. Ya ampun. Beneran Mbak. Saya jadi geli sendiri.

    BalasHapus
  17. Aku gak pernah keliwat video Tiktok yang ngehe gini siih.. selain dagangan sama uji nyali.
    Gini aja uda bikin aku pen berkata adksldkvn saking "Ya Allah.. mereka cari duit, ya Allah.."

    Paling sebel kalo orang uji nyali tuh ke tempat-tempat serem pastinya ya..
    Dan mereka kaya ngajak ngomong "sesuatu yang tak terlihat" gitu.. Di benakku cuma, ini ada teamnya siih.. Atau "Apakah dia gak takut ganggu sesuatu yang bukan rumahnya?"

    Iih...suka gimana gitu ya..
    Tapi sekali lagi, dunia ini panggung sandiwara ya... Jadi kalau bisa, kenapa engga.
    HUhu..kenapa engga bikin orang sebel sama live-nya yang bikin ngeheeww~

    BalasHapus
  18. Kalau boleh menambahkan video live tiktok yang rada nganu adalah. Live yang memperlihatkan si pemosting mandi. Entah mandi lumpur atau mandi aer dingin.

    Pertanyaanku itu orang banyak banget nonton live tiktok orang mandi itu mengharapkan apa sih?

    Tapi. Jujurly, aku juga setuju dengan 3 live tiktok menyebalkan yang sudah disebut tadi. Hehehe

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah saya gak penasaran dengan live di Tiktok, langsung saya scroll haha. Soalnya ya gitu suka aneh.

    BalasHapus
  20. Live orang-orang di tiktok emang random banget ya kak. Aku sering skip sih kalo live random kayak gitu. Tapi kalo live shopping aku rajin nonton. Kalau suka atau tertarik ya checkout. Dan kalau ada video mukbang, aku tonton. Suka aja gitu liat orang makan. Kok bisa ya lipstiknya nggak luntur-luntur. Bisa awet gitu? Hahaa

    BalasHapus
  21. beragam cara buat menarik perhatian orang di dunia maya ada yang tidak dalam batas wajar ya, menurutku. Auto mikir bagaimana mengedukasi anak remaja dlm menggunakan tiktok biar pandai memfilter konten yang tidak semuanya ditiru dlm dunia nyata. Jadi ingat muridku di sekolah. Big thanks mbak, asupan bergizinya. Seenggaknya sy tahu yg trend era masa kini dari artikel mbak . good job

    BalasHapus
  22. Aku ra ngerti dunia pertiktokan. Lihat tiktok pun itu sebatas yang direupload ke YouTube. Emang tiktok kadang banyak yang gak jelas yaaaa. Wkwkwkwk. Sering banget. Namun, ada juga yang lucu-lucu dan bikin viral karena menghibur.

    BalasHapus
  23. oh dari live bisa dapat gift uang asli, mbak? aku ga paham tiktok
    mungkin yang nonton memang punya buanyaaak sekali waktu luang >,<
    andai dialokasikan buat hal lebih produktif

    BalasHapus

Bikin acar dari kedondong
Setelah dibaca, minta komennya dong! 😉