Kebiasaan yang Dipikir Baik Ternyata Memberi Efek Buruk Bagi Kulit

by - Januari 18, 2023


Memang ada yaa kebiasaan yang kita pikir baik ternyata malah memberikan efek sebaliknya bagi tubuh kita? Adaaa dong dan terus terang aja saya juga baru tahu tentang hal ini.

Setelah rajin nonton video di tiktok yang membahas tentang kesehatan, saya baru ngeh dan kemudian sadar ada beberapa kebiasaan itu yang sering banget saya lakukan yang efeknya gak bagus buat tubuh. Memangnya kebiasaan apakah gerangan?

Ini nih beberapa kebiasaan tersebut

đŸšĢ Mandi Air Hangat

Siapa nih yang suka mandi air hangat? Saya adalah salah satu orang yang lebih menyukai mandi pakai air hangat dibanding pakai air biasa (air dalam suhu normal, red). Menurut saya, mandi air hangat itu menyenangkan sekaligus menenangkan. Otot-otot yang sebelumnya kaku menjadi rileks. Mandi air hangat juga mampu memperbaiki mood saya yang sedang kurang bagus. Makanya setiap hari saya selalu mandi pakai air hangat.

Ternyata apa yang saya lakukan ini salah, gaes. Mandi air hangat gak boleh terlalu sering dilakukan karena kurang baik bagi kesehatan kulit. Terlalu sering mandi air hangat dapat menyebabkan kulit kering dan pori-pori membesar karena air hangat mengganggu fungsi kelenjar minyak pada kulit yang berfungsi sebagai pelembab alami. Selain itu, mandi air hangat juga dapat menyebabkan suhu tubuh menjadi gak seimbang.

đŸšĢ Minum Jus Secara Berlebihan

Siapa nih yang lebih suka minum jus dibanding makan buah secara utuh? Ternyata minum jus secara berlebihan itu gak bagus buat kesehatan loh karena dapat menyebabkan lonjakan kadar gula dalam darah yang membuat kita berpotensi terkena diabetes, apalagi bila jus-nya ditambahkan pula pemanis misal gula, sirup atau kental manis, duh makin banyak tuh kandungan gulanya, yang mana hal ini akan berakibat kurang bagus juga buat kulit.

Karena itu kita gak boleh terlalu sering meminumnya. Selain itu buah yang di-jus juga akan kehilangan serat alaminya karena itu disarankan agar kita lebih baik mengonsumsi buah secara utuh dibanding buah yang dijadikan jus. Mengonsumsi buah dengan jumlah yang cukup akan membuat kulit terlihat lebih segar dan sehat.

Baca Juga: Berat Badan yang Mulai Meresahkan

đŸšĢ Luluran Setiap Hari

Menurut saya, luluran adalah salah satu kegiatan menyenangkan. Saat menggosokkan lulur ke badan, rasanya sisik dan kulit mati langsung terhempas manja sehingga kulit menjadi lebih bersih, halus dan lembut. Namun kegiatan menyenangkan ini rupanya gak boleh dilakukan setiap hari (walau ada juga produk lulur yang mengklaim bahwa produknya bisa digunakan setiap hari tapi saya tetap gak recommended) karena dapat menghilangkan kelembaban alami kulit sehingga membuat kulit kering, lapisan kulit menjadi lebih tipis dan mudah iritasi.

Lalu berapa kali penggunaan lulur yang direkomendasikan? Lulur sebaiknya digunakan dua kali seminggu buat yang memiliki kulit kombinasi dan normal dan satu kali seminggu buat yang memiliki kulit sensitif.

đŸšĢ Mandi Terlalu Lama

Gak cuman mandi air hangat yang kurang bagus, ternyata mandi terlalu lama juga gak bagus buat kesehatan kulit. Sama seperti luluran yang terlalu sering, mandi yang terlalu lama akan membuat kulit kering dan mudah iritasi. Selain itu terlalu lama berendam di air akan membuat kita masuk angin, apalagi bila tinggalnya di daerah pegunungan atau yang beriklim dingin.

~~

Itulah beberapa kebiasaan yang selama ini sering dilakukan yang dipikir baik ternyata memberi efek gak baik buat tubuh dan kulit kita. Kita sebaiknya mengurangi melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut, namun yang paling penting dalam menjaga kesehatan tubuh adalah melakukan hal-hal berikut ini:

👍 Jangan begadang

👍 Konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari atau sesuai kebutuhan tubuh kita

👍 Konsumsi makanan bergizi

👍 Rutin berolahraga

👍 Tetap berpikiran positif

👍 Bila perlu, minum multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh

 


You May Also Like

9 Comments

  1. Yaampun aku suka banget-banget mandi air hangat. Mana daerah tempat tinggalku itu dingin, Mba. Kalau pagi bisa 17-19 dercel, gak kuat kalau harus mandi air biasa. Haha..

    Kecuali kalau lagi pulang ke Jogja atau tempat-tempat gerah ya ngapain kan mandi air hangat..

    BalasHapus
  2. Yang jus buah itu bener banget. Karena pada dasarnya buah juga mengandung gula ya. Kalau kebanyakan ya gak bagus. Paling oke kalau ngejus udahnya langsung "dibilas" pake air putih juga. Yang mandi air hangat untungnya sesekali aja kalau lagi nginep di hotel haha itupun aslinya jarang-jarang. Sebulan belum tentu sekali. Jadi aman :)

    BalasHapus
  3. Huaa bener kak banyak yang ngira minum jus itu sehat, ya sehat sih asal gak pakai atau minim gula. Mending ngunyah buah secara langsung ya.
    Air putih nih daku yg masih sering lupa, thanks udah diingetin.

    Tambah satu lagi: gak pakai sunscreen kalau keluar rumah, bikin kulit wajah cepat rusak juga.

    BalasHapus
  4. Sebenarnya aku suka saat mandi pakai shower hangat, apalagi pas bagian bahu..duuh..rasanya letih lelah langsung terhempas! Haha.. Tapi, karena di rmh hanya ada air biasa dan mager kalo harus masak air buat mandi, walhasil cuma mandi air hangat saat ada kesempatan di hotel saja...qiqiqi..

    BalasHapus
  5. Memang benar ya, segalanya yang berlebihan memang tidak baik.
    namun saya setuju sih perihal mandi pakai air hangat yang terlalu sering malah akan membuat kulit kering dan menghilangkan kelembapan kulit.

    Kalau untuk minum jus buah, secara efek ke kulit, saya belum mengerti akan hal itu, namun apabila rutin minum jus buah tanpa gula, itu setidaknya bisa menyehatkan badan secara keseluruhan ya, apalagi jika dikombinasikan dengan sayuran dan madu murni

    BalasHapus
  6. Aku di sini klo musim dingin mlh jarang bgt mandi mba tp sekaliny mandi tuh pasti pake air hangat dan lamaaa, karna mls kedinginan klo dh slsenya.

    BalasHapus
  7. Wah aku juga sering banget tuh melakukan hal itu, ternyata ada ya efek yang tidak baik ke kulit. Padahal salah satunya sering banget ak pake, karena memang kegiatanku berada diluar rumah dan mengharuskan ku untuk menggunakannnya..

    Melihat dan tau penyebab serta efek yang ditimbulkan jadi jarang-jarangin lagi deh..

    BalasHapus
  8. Bener banget tuh yang luluran, dikira bagus eksfoliasi tiap hari, ternyata ga bagus. Memang harus dijeda sih, bukan tiap hari. Kasihan kulitnya

    BalasHapus
  9. Aku gak kuat kalo mandi pake air biasa..
    Dan bener sih, ini jadi kebiasaan. Bahkan saat aku pulkam ke Surabaya, badanku jadi sakit semua kalau mandi air biasa.. Karena terbiasa mandi air hangat saat di Bandung.
    Anak-anak dan suami juga sama.

    Kebiasaan lain yang belum aku rutinkan selain olahraga adalah minum multivitamin. Rasanya suka adaaa aja hari yang missed gak minum vitamin. Padahal rasanya enak yaa..

    BalasHapus

Bikin acar dari kedondong
Setelah dibaca, minta komennya dong! 😉