Banua Mayana Waira di Tahun 2022

by - Desember 31, 2022


Gak terasa dalam hitungan jam kita akan memasuki tahun 2023. Sungguh cepat banget berlalunya waktu di tahun ini. Rasanya baru kemarin kita masuk di tahun 2022, seolah dalam sekejap mata kita udah masuk ke tahun 2023.

Tapi benarkah waktu berjalan secepat itu? Hohoho setelah saya ingat-ingat lagi rupanya gak seperti itu, Esmeralda! Tahun ini banyak banget cobaan yang dialami keluarga kami sehingga saat berada di masa itu waktu terasa berjalan lamban seperti jalan seekor kura-kura. Namun karena judulnya hanya menceritakan blog Banua Mayana Waira ini selama tahun 2022, maka hal-hal yang terjadi dalam kehidupan pribadi dan keluarga gak akan saya ceritakan di artikel ini, melainkan (insyaallah) akan saya tuliskan di blog utama.

Baca Juga: Niche Blog Banua Mayana Waira

Artikel yang saya tulis kali ini adalah ingin berbagi pencapaian yang udah saya dapatkan di blog ini. Hal ini saya tuliskan lagi-lagi sebagai wujud apresiasi saya kepada diri sendiri karena hingga hari ini masih bisa membuat blog ini bertahan dan rutin menerbitkan artikel di tengah-tengah keseharian saya sebagai working mom yang merangkap sebagai Mom Blogger. Saya juga merasa berhasil menjadikan blog ini sebagai sarana belajar atau Home Education dalam mengelola waktu menulis di tengah gempuran rasa malas yang semakin betah bersarang di dalam diri ini. Gaes, ada gak sih obat penghilang rasa malas yang ampuh hingga ia terhempas manja dan gak datang-datang lagi? Tolong kasih tahu saya, dong! Saya udah pengen say goodbye pada rasa yang satu ini.

Baca Juga: Alasan Saya Memilih Sebagai Working Mom

Lalu apa aja yang berhasil dicapai blog ini selama 12 bulan terakhir aka selama setahun belakangan ini? Setelah saya hitung-hitung, ada 5 pencapaian blog Banua Mayana Waira di tahun 2022 ini, yaitu:

👉🏻 Domain TLD

Di awal tahun 2022 ini, tepatnya pada tanggal 04 Januari 2022, blog ini resmi menggunakan domain berbayar. Blog yang awalnya beralamat di mamayurayza.blogspoot.com berganti nama menjadi https://www.wairaa.my.id/. Lalu mengapa memilih domain dengan akhiran .my.id bukan .com seperti dua blog saya yang lain? Alasannya sih biar bayar perpanjangan domainnya lebih murah, hahaha sungguh kamu zuzur syekaleh, Ira! 😂🙈

Alasan sebenarnya adalah karena saya takut gak bisa maksimal mengurus blog ini. Jadilah daripada udah di .com-kan namun gak diisi maksimal mendingan di-domainkan dengan harga domain yang murah aja, jadi kalopun gak maksimal, gak akan nyesal-nyesal amat udah ngeluarin duit ratusan ribu. Gitu loh gaes alasannya! Eh tetap aja yaa alasannya berhubungan dengan du to do it alias money, wkwkwkwk! 😝

Baca Juga: Domain Baru di Tahun Baru

👉🏻 Ikut Arisan Backlink

Setelah di-domainkan, rupanya apa yang saya takutkan di awal terjadi. Pada bulan Mei dan Juni blog ini gak menerbitkan satu artikel pun. Ya, penyakit kambuhan saya kembali menyerang, gaes. Saya kembali malas menulis, ckckck 🤦‍♀️. Untunglah di bulan Juli saya bergabung ikut arisan backlink yang diinisiasi oleh teman-teman blogger yang peduli pada kualitas dan performa blog yang dikelolanya.

Dengan niat sederhana yakni ingin rutin menulis setiap minggu, saya minta ikut bergabung di kegiatan ini. Alhamdulillah saya diterima dan hingga hari ini kegiatan ini masih berjalan. Dan sejak gabung di sini, saya mulai rutin menerbitkan artikel minimal seminggu sekali.

Baca Juga: 2 Bulan Tidak Ngeblog, Ini yang Saya Lakukan

👉🏻 Capai 10K Views

Pada bulan September lalu, blog ini mencapai 10.000 views pertamanya. Walau terbilang lambat (karena views segini baru dicapai pada usia blog yang kesatu tahun tiga bulan) tapi saya bersyukur banget dengan pencapaian ini. Saya benar-benar gak nyangka, blog yang cukup lama saya abaikan ini ternyata tetap mendulang views. Alhamdulillah. Harapan saya, semoga di tahun depan viewsnya semakin meningkat. Amiiin 🤲

👉🏻 Dapat Artikel Berbayar

Di tahun ini, blog ini juga udah bisa "menghasilkan" 🤑. Dengan penghasilan ini, blog ini udah bisa menghidupi dirinya sendiri hingga bertahun-tahun ke depan.

Baca Juga: Pecah Telor

👉🏻 Berhasil Menelurkan >50 Artikel

Di antara semua pencapaian blog ini, berhasil menerbitkan >50 artikel ini adalah pamungkasnya. Jujur aja, di awal tahun saya gak berani membayangkan akan menghasilkan artikel sebanyak ini. Saya bilang banyak karena dalam pikiran saya, menghasilkan 20 artikel aja udah prestasi banget. Ternyata di akhir tahun saya bisa menghasilkan dua kali lipat lebih banyak, benar-benar di luar ekspekstasi. Yeay! 🤩👏🏻

**

Itulah 5 hal yang berhasil dicapai blog Banua Mayana Waira selama tahun 2022 ini. Walau gak berani pasang target, namun dalam lubuk hati saya berharap semoga tahun depan pencapaian blog ini bisa lebih baik lagi, mulai dari  jumlah views, materi alias cuan #eh maupun jumlah artikel yang terpublish.

Saya juga berharap semoga di tahun 2023, performa blog ini semakin baik. Yang saya maksud adalah DA (domain authority), PA (page authority) dan DR (domain rating) terus meningkat, karena di tahun ini ketiga poin ini masih kecil-kecil banget nilainya.

Akhirnya, saya harus berterimakasih kepada diri sendiri karena bisa tetap konsisten menulis di tengah keterbatasan waktu. Terimakasih, Ira! 🥰🤗. Ayo siapkan diri untuk berjuang di tahun depan! 💪



You May Also Like

15 Comments

  1. Yeay...semoga yang diharapkan di tahun ini, terwujud ya mbak Ira. Semakin rajin ngeblognya biar bisa 10K.

    BalasHapus
  2. Keren ih makin profesional aja ngeblognya. Lanjutkan di tahun ini, ya. Moga makin sukses.

    BalasHapus
  3. Selamat ya atas pencapain blog Mbak Ira. Saya rasa cobalah untuk membuat draft tulisan tiap hari, nanti akan ada banyak ide untuk dikembangkan jadi artikel.

    BalasHapus
  4. wah jadi terinspirasi untuk daftar my.id juga untuk blog khusus environement saya
    Sekarang masih blogspot, maju mundur untuk TLD, takutnya entar gak bisa bayar
    Kok gak kepikiran pakai my.id yang lumayan ringan ya?

    BalasHapus
  5. Selamat dan sukses untuk blognya kak Ira.

    Suka banget sama semangat menulisnya. Dan dengan semangat itu, jadi prestasinya makin banyak juga.. Paling seneng kalo blognya Uda bisa berdiri sendiri dan menghidupi dirinya sendiri.

    BalasHapus
  6. Gila. Keren banget. Ternyata memang benar. Kita pasti akan mendapatkan sesuatu saat tekun dalam satu bidang. Kayak ngeblog misalnya. Kalau tekun pasti ada aja rejekinya ya, Kak.

    BalasHapus
  7. SemangatCiee selalu Mbak Ira, bisa kuy bisa..
    Apalagi udah menghasilkan makin jadi pemacu nih buat terus konsisten

    BalasHapus
  8. Pencapaian yang keren untuk blognya Mbak Ira, selamat ya. terus semangat ngeblog , berbagi banyak hal bermanfaat untuk pembaca. Sukses ya!!

    BalasHapus
  9. Selamat Kak udah 10.000 viewers, moga makin banyak yang baca ya. Selamat juga udh bisa dapat sponsored post dari blog.
    BTW 2 blog yang lainnya apa kah? Kayaknya saya belum pernah blogwalking ke sana.

    Kalau my id setahun bayarnya berapa?

    BalasHapus
  10. Yeeay..selamat utk pencapaian2 blog ini di tahun 2022 ya mba.. Semoga di tahun baru 2023 ini semakin produktif dan semakin cuaaaaan.. Semangaaat..

    BalasHapus
  11. Good job mba pencapaian yang sangat luar biasa, ga semua blogger sanggup mencapai itu kan, semoga tahun 2023 semakin giat dan semakin semangatnya untuk mengisi rumah keduanya ya, dan blognya makin membawa berkah, bisa buat orang lain terutama juga diri sendiri, aamiin

    BalasHapus
  12. Aku tu salut banget sama mba Ira, dengan beberapa blog yang ada, masih bisa menerbitkan 51 artikel dalam tahun 2022 untuk blog baru ini. Selamat yaa, sukses selalu dan tetap menginspirasi, mbak. Aku jadi pengen memantapkan hati bikin blog lagi dengan tld my id seperti Waira ini. Udah lah pakai blogspot aja untuk menggantikan blog niche traveling dengan platform wordpress yang kena hack.

    BalasHapus
  13. Kebayang sih, kak Ira..
    Biasanya blog ditelurkan dengan berbagai idealisme, ternyata agak sulit memenuhinya. Aku juga jadi jarang banget update di blog utama, malahan, saking keasikan main di 2nd blog.

    Tapi melalui tulisan kak Ira, aku jadi kudu semangat nulis nih.
    Supaya paling engga, blognya bisa menghidupi dirinya sendiri. Ini pencapaian luar biasa.

    BalasHapus
  14. Wahhh keren banget blognya bisa menghasilkan sendiri diluar pendapatan dari adsense yaa, kalau ditambah adsense tambah juooss lagi tuh pendapatannnya. Saya sendiri cuma dari adsense aja, pengen banget bisa dapat artikel berbayar, guest post, dan menulis lainnya tapi masih belum deh untuk saat ini

    BalasHapus
  15. keren, mbak bisa mengelola 2 blog. aku awalnya pengen juga sih mengelola 2 blog tapi akhirnya memilih nulis di UGC buat beberapa tulisan yang aku pengen bisa dibaca oleh komunitas. mungkin nanti kalau sudah benar-benar yakin aku bisa bikin blog baru lagi

    BalasHapus

Bikin acar dari kedondong
Setelah dibaca, minta komennya dong! 😉