A Day In My Life; Selasa 18/10/2022

by - Oktober 18, 2022

pic source: pixabay.com

Hari ini, Selasa 18 Oktober 2022 menjadi salah satu hari yang sibuk banget dalam kehidupan saya di tahun ini. Kok bisa gitu, Ra? Memang apa yang terjadi hari ini hingga disebut sebagai salah satu hari tersibuk tahun ini? 🤔

Jadi gini ceritanya, gaes!

Hari ini kantor saya melaksanakan Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman). Sejak dulu, kegiatan ini menjadi kegiatan rutin dinas kami, namun karena dua tahun belakangan pandemi menghatam negara kita, jadilah dua tahun belakangan kegiatan ini gak dianggarkan dan barulah tahun ini dilaksanakan kembali.

Lomba Cipta Menu B2SA Kab. Buton Tengah 2022
Lomba Cipta Menu B2SA Kab. Buton Tengah 2022

Lomba Cipta Menu B2SA ini bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton Tengah, jadi pesertanya adalah ibu-ibu PKK kecamatan se-Kabupaten Buton Tengah. Sebagai pelaksana lomba, dinas kami udah sibuk sejak beberapa hari yang lalu. Saya yang ditunjuk sebagai salah satu anggota panitia pun mulai menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan terkait penjurian dan kelengkapan berkas untuk laporan pertanggungjawabannya nanti.

Baca Juga: Alasan saya memilih sebagai working mom

Hari ini saya tiba di kantor lebih awal dari hari-hari biasanya. Setibanya di kantor, saya langsung buka laptop dan memprint semua berkas yang diperlukan. Seperti yang saya bilang di atas, sebenarnya berkas-berkas ini udah saya siapkan sejak beberapa hari lalu, namun ketika bertemu salah satu dewan juri kemarin sore, ternyata masih ada yang mesti direvisi jadilah berkas tersebut pagi tadi saya print kembali.

Setelah berkutat menyelesaikan semua perlengkapan, saya dan beberapa rekan segera menuju tempat pelaksanaan kegiatan yaitu Gedung Kesenian Lakudo. Saat tiba di sana, TKP udah ramai dipenuhi undangan, peserta lomba dan rombongan ibu-ibu PKK dari tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Buton Tengah. 

Setibanya di gedung, kami langsung memasang nomor di meja peserta. Setelah itu, ditemani seorang rekan, saya berkeliling membagikan daftar hadir ke seluruh peserta lomba, meminta mereka mengisi namanya dan bertanda tangan. Gak lupa lembaran penilaian pun dibagikan ke dewan juri.

Acara Lomba Cipta Menu B2SA hari ini dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah dan Pelantikan Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton Tengah. Usai dilakukannya kedua pelantikan tersebut, barulah acara Lomba Cipta Menu ini dimulai.

Sekitar pukul 11.00 WITA, waktu penjurian dimulai. Oh iyaa, hampir lupa, peserta lomba diminta menyiapkan dua menu yakni menu makan dalam sehari dan menu kudapan. Ada beberapa aspek yang menjadi dasar penilaian dewan juri yakni keseimbangan menu, keanekaragaman jenis pangan yang digunakan, kreativitas pengembangan menu, cita rasa dan yang terakhir adalah tampilan, penyajian dan aspek keamanan pangan.

menu yang ditampilkan salah satu peserta

Pak Bupati & Pak Sekda berkeliling melihat menu yang ditampilkan peserta lomba

Setelah melakukan penilaian, dewan juri berembuk untuk menentukan siapa pemenang lomba. Pukul 12.00 WITA, sang pemenang diumumkan. Dilanjutkan dengan penyerahan piala dan piagam kepada para pemenang.

Dengan berakhirnya penyerahan hadiah, maka berakhir pula kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA tahun anggaran 2022 ini. Kami semua yang hadir di tempat itu dipersilakan menikmati menu-menu yang ditampilkan peserta.

Pukul 14.00 WITA saya dan rekan-rekan balik ke kantor dan melanjutkan pekerjaan seperti biasa. Saya ditugaskan untuk membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan tadi. Saya dibantu beberapa rekan menyusun semua berkas yang sudah ditandatangani peserta dan dewan juri guna keperluan penyusunan laporan tersebut. Alhamdulillah gak ada kesulitan dalam melakukannya, semua berjalan lancar. Namun masih ada beberapa berkas yang belum lengkap. Insyaallah hari Senin baru saya selesaikan semuanya.

gak lupa mengabadikan momen

Gak terasa waktu terus berlalu dan udah menunjukkan hampir pukul 16.00 WITA. Kami pun melakukan apel sore sebelum akhirnya kembali ke rumah masing-masih untuk beristirahat dan bertemu keluarga tercinta.

Sesampainya di rumah, saya langsung mandi, mengurus anak-anak dan makan malam. Usai melemaskan otot-otot, saya pun bergerak menyiapkan pakaian dan memasukannya ke dalam tas alias packing karena besok akan berangkat ke Kendari dalam rangka perjalanan dinas.

Sebelum tidur, saya sempatkan menulis artikel ini sebagai arsip kegiatan saya hari ini. Saya ingin mengenang hari ini dengan perasaan bahagia. Walau capek tapi saya semangat menjalaninya. Saya berharap, bila suatu hari nanti merasa lelah dan gak semangat, saya bisa membaca tulisan ini dan jadi bersemangat kembali menjalani hari.

Akhir kata, saya ingin mengucapkan selamat beristirahat, semoga apa yang kita lakukan hari ini bermanfaat dan bernilai ibadah. Semoga esok hari kita bangun dalam keadaan sehat dan ceria. Sampai jumpa di tulisan a day in my life di hari lainnya 😊

You May Also Like

32 Comments

  1. Masyaallah. Seru banget pasti ya lombanya. Menulis memang mengikat kenangan agar kesan positifnya tetsp menular di hari lain.

    BalasHapus
  2. seru amat mbaa, ada lomba cipta menu. kudu bergizi, bernutrisi, dan yang pasti haruslah lezat yaa.. aromanya pun sedap agar bisa menggugah selera makan

    BalasHapus
  3. Ahaaa, mba Ira idenya kereeennn
    Biasanya yy bikin a day in my.life para tiktoker kan.

    Asik nih, bloger jg bisaaaaa

    BalasHapus
  4. Mbak, capek tapi langsung nulis buat kenangan..aku jadi jleb..yang ada pulang dari kegiatan seharian terus rebahan, nulisnya ntar terus enggak kejadian kwkwk
    Aku suka degan ide lomba ini, dan itu menu salah satu peserta menarik sekali. Keren euy ibu-ibu PKK Kab. Buton Tengah

    BalasHapus
  5. Keren banget dirimu say, sangat produktif syekaleh, biar capek masih tetep menulis, kalau akoh kayaknya udah ngorok di alam mimpi :D
    Btw seru banget ya acara lombanya, lebih seru kalau kebagian icip-icipnya hahahaha

    BalasHapus
  6. Enak juga bisa icip icip-icip habis lomba , btw ada kelanjutan tulisannya gak nih pemenang dan masakan kaya apa ya

    BalasHapus
  7. Mbak Ira, itu menunya ada yang pakai lobster ya? Aku ngiler lihatnya, hahahaa
    Sehat selalu ya, Masya Allah dirimu nggak ada capeknya. ASN iyaa, ngurus anak-anak masih kecil, masih produktif ngeblognya, kereeen

    BalasHapus
  8. Jadi lebih mengenal dirimu berkat series "a day in my life" ini lho..
    Seru banget kegiatan bareng Ibu PKKnya. Pemenangnya yang mana mbak menunya?

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) tahun ini bisa terlaksana ya, Mbak. Setelah off selama pandemi.
    Pastinya peserta lebih semangat menyediakan menu andalan mereka, deh!

    BalasHapus
  10. seru banget kegiatannya seharian mbak.. kayak kita jadi merekap lagi hari ini ngapain aja hehe

    BalasHapus
  11. Jadi inget kakak ipar yang berambisi menang lomba masak (kejuaraan sejawa barat), sampai membayar chef hotel ternama
    dan memang menang, walau menurut saya : kemenangan tanpa perjuangan rasanya gak manis :d

    BalasHapus
  12. Wah seru ya... aku tuh suka kagum dengan orang2 yang pinter merancang resep makanan baru dan rasanya enak... Kok kepikiran ya...hehe...

    BalasHapus
  13. Seru kantornya ngadain event menarik jadi bisa lihat kehebohan ibu-ibu dalam lomba cooking. paling seneng kalau udah ngadain event dan puas dengan hasilnya. selamat ya mba dan temen-temen panitia

    BalasHapus
  14. Foto hasil lomba memasaknya menggiurkan banget, terutama lobsternya. hahaha. Pasti seru ya kalau pas ada lomba begini. Selamat ya karena acara berlangsung lancar dan menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yaa..kak Moon..
      Lobsternya langsung catchup banget..
      Kayanya seumur-umur aku belum pernah makan lobster segedeii ituu...kak Ira.

      Pada kreatif membuat menu istimewa di Cipta Menu B2SA 2022 .

      Hapus
  15. Terbaiiik, kak Ira.
    Penuh semangat dalam menekuni berbagai peran. Dari mulai abdi negara hingga seorang ibu dn blogger aktif.
    MashaAllah~

    Penasaran juga Cipta Menu B2SA 2022 timnya kak Ira nih..
    Mengolah menu makanan apa ya..?

    BalasHapus
  16. Keseharian yang bermanfaat ya mba.. terus semangat nih..senang kalau sambil kerja terus kedaerah lain walaupun rangka perjalanan dinas.

    Hati2 ditunggu ceritanya tentang Kendari

    BalasHapus
  17. Baca artikel ini saya jadi ingat beberapa tahun lalu ikutan acara bikin bento untuk anak barengan ibu2 PKK di BAlai Kelurahan. Seru banget loh, diajari dulu oleh seorang guru tata boga SMK, langsung praktek bikin. Hasilnya dibagi2 ke seluruh peserta.

    BalasHapus
  18. Capeknya terbayarkan karena hati bahagia ya kak Ira. Ini sih yang penting karena menjalankan sesuatunya dengan tulus

    BalasHapus
  19. Kegiatan sepanjang hari yang menyenangkan ya mom. Keren nih judul lombanya B2SA . Menunya banyak ragam, full gizi.Btw apa nama kuenya mom yang seperti bintang itu? apakah kue apem namanya?

    BalasHapus
  20. Ya ampun, enak bener itu kelihatannya menu-menu yang disajikan pada lomba cipta menu. Eh apa karena sayanya yang belum makan siang ya? efek laperrrr. hahaha.

    BTW, selama ini lihat postingan a day in my life, tapi dalam bentuk reels/video gitu di instagram. Boleh juga nih dibuat jadi postingan blog seperti yang mbak buat.

    BalasHapus
  21. Mantep banget mbak acaranya, sampai bupati pun hadir,
    Yang jelas seru banget bisa ikut lomba cipta menu, enak banget lihatnya

    BalasHapus
  22. Walau super sibuk, tapi pastinya happy banget ya mbak. Aku rasanya pengen ikutan lomba masak juga. Hehe

    BalasHapus
  23. Bener2 definisi strong mom. Salut Ama working mom karena tetap kerja full time, lalu sampai rumah gercep urus anak dan suami, urus rumah, dll.

    Sehat selalu ya Kak.

    Oh ya,. konsumsi suplemen khusus kah biar bisa beraktivitas lama di luar rumah?

    BalasHapus
  24. Kegiatan harian yang pasti bermanfaat dan menambah pengalaman baru juga ya mbak. Aku suka kalo lihat orang ikutan lomba, termasuk plating hasil masakannya karena aku paling nggak bisa menata hasilmasakan. Sepertinya memang banyak orang kayak aku, bisa masak tapi nggak bisa menata dengan hasil cantik. Sehari yang menyenangkan pengalaman mba Ira bersama teman-teman di tempat kerja

    BalasHapus
  25. Paling seneng kalau ada lomba masak, apalagi jadi panitianya yang bisa ikutan icip-icip makanan bikinan peserta lomba ya, hehehe... semangat mbak Ira, semoga kerjaanya berkah

    BalasHapus
  26. Wah, mbak Ira selalu kece kalau buat konten a day in my life ini
    Acara lomba memasak itu emang seru ya mbak
    Nggak hanya menilai soal rasa saja, tapi juga penyajiannya ya aliaas plating

    BalasHapus
  27. Sepeerti diary digital ya mbak a day in my life nya versi tulisan
    Emang kalau ketika menulis kegiatan hari ini, lalu di masa mendatang kita membacanya, justru seakan2 kita ditarik kembali ke momen itu mbak

    BalasHapus
  28. Padahal mampir kesini baru saja selesai sarapan. Tapi, auto laper lagi lihat jejeran makanan hasil lomba peserta.
    Tampak enak-enak semua dan penataannya juga menarik di mata.

    BalasHapus
  29. wah ada menu lobster. ini yang ikut berarti ibu-ibu PKK gitu ya, mbak? pasti seru nih acara kayak gini. dulu di kantorku juga pernah ada lomba masak gini jelang ulang tahun perusahaan tapi sejak corona dan sesudahnya sudah nggak ada lomba-lomba lagi nih

    BalasHapus
  30. Serunya beraktivitas tuh begini yaa..
    Sejak pagi terasa riweuhnya dan alhamdulillah semua berjalan lancar, sehingga menikmati malam dengan kenangan sepanjang hari. Semoga hari esok lebih baik dari hari ini. Aamiin~

    BalasHapus
  31. Wahhh gercep banget nih, langsung ditulis didalam blog kegiatan yang dilakukan hari itu. Aku biasanya udah kutinggal dengan aktivitas lain dan biasanya kalau bikin daily life ini malah terpublikasinya setelah beberapa bulan kemudian hha

    BalasHapus

Bikin acar dari kedondong
Setelah dibaca, minta komennya dong! 😉