Daftar Kota di Indonesia yang Pernah Saya Kunjungi

by - Oktober 22, 2022

pic source: pixabay.com

Hari Rabu, tanggal 19 kemarin saya kembali mengunjungi kota Kendari. Gak seperti biasanya yang suka koar-koar dan memberi tahu kedatangan saya pada teman-teman di Kendari, kunjungan (ciyee KUNJUNGAN, udah kayak menteri aja nih, hahaha đŸ˜„đŸ˜) kali ini saya lakukan secara diam-diam, eh maksudnya gak bilang sama teman-teman.

Ini adalah kunjungan kedua saya ke Kendari pada tahun 2022 ini. Seperti kunjungan pertama pada bulan Juni lalu, kunjungan saya kali ini juga dalam rangka perjaanan dinas ke kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ngomong-ngomong tentang perjalanan ke luar kota, saya jadi iseng ngitungin kota yang udah saya kunjungi selama ini. Walau belum sebanyak teman-teman lain, untuk ukuran orang yang jarang berpergian, sepertinya udah lumayan (lumayan di sini artinya udah lebih dari 5 kota) jumlahnya. Berikut adalah kota-kota yang pernah saya kunjungi selama ini:

Makassar

Sampai saya tamat SMA, Makassar adalah kota terjauh yang saya kunjungi. Saya ke Makassar dengan tujuan untuk kuliah, jadi saya lumayan lama tinggal di kota ini, tepatnya sejak tahun 2003 - 2008. Setelah tamat kuliah di tahun 2007, saya putuskan untuk tinggal lebih lama sembari mencari pekerjaan. Sayangnya saya gak berjodoh dengan perusahaan-perusahaan bonafid di sana, hahaha. Setelah lama mencari kerja, akhirnya saya diminta pulang kampung.

Kurang lebih lima tahun tinggal di Makassar banyak kenangan yang kalo diingat bikin senyum-senyum sendiri. Yang bikin betah tinggal di sini adalah harga barang-barangnya murah banget dibanding dengan harga-harga di kampung. Sama satu lagi, ada banyak jajanan yang enak-enak. Bukan berarti di kampung gak ada makanan dan jajanan enak yaa, tapi jajanan di sini tuh lebih banyak jenisnya, apalagi kalo bulan puasa, wahh puas banget deh milih takjil untuk berbuka. Saat berbuka, saya paling suka beli es pisang ijo, es cendol, es cincau di pasar, tapi kalo udah gak sempat ke pasar saya kadang-kadang beli  es jelly cokelat yang dijual tetangga kost. Ahh jadi kangen masa-masa kuliah deh. Kapan saya bisa ke Makassar lagi yaa? Pengen lihat perubahan kotanya yang pasti udah lebih maju lagi sekarang ini dibanding belasan tahun lalu đŸ¤Š

pake baju bodo saat jadi pagar ayu di pernikahan tetangga. foto bersama ibu kost dan tetangga

Selama kuliah di Makassar, saya juga mengunjungi beberapa kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan, di antaranya Gowa (sempat juga berwisata ke Hutan Pinus Malino), Takalar, Maros (ke Air Terjun Bantimurung) dan Soppeng (lupa euy, ke mana aja). Sempat nyaris ke Toraja diajakin jalan sama tetangga kost tapi gak jadi karena dilarang ortu. 

⭐ Kendari

Pertama kali saya menginjakkan kaki ke Kendari adalah akhir tahun 2008 (kalo gak salah ingat). Tujuan saya ke Kendari saat itu adalah untuk melamar kerja (biasalah yaa, pengangguran berdasi, yang sibuk masukin lamaran kerja, hahaha 😄). Pengalaman pertama ke Kendari ini adalah pengalaman yang gak akan pernah saya lupakan karena kali itu saya kesasar dan nyaris dikejar anjing, huhuhu. Rupanya saya salah mengartikan petunjuk yang diberikan adik saya sehingga salah turun terminal. Untungnya sebelum hape saya mati karena lowbat, saya sempat sms adik saya memberitahu tempat saya berada. Saya udah nangis ketakutan karena hari mulai gelap dan anjing-anjing di sekitaran terminal itu mulai berkeliaran dan mendekati saya, sedang di situ suasananya sunyi. Jujur aja, saya ketakutan setengah mati, takut bakalan dikejar anjing, takut "diapa-apain" sama orang jahat dan takut adik saya gak datang jemput. Air mata mulai mengalir, bibir gak berhenti beristighfar dan berdoa memohon keselamatan. 

Setelah kurang lebih 20 menitan dilanda ketakutan, Alhamdulillah adik saya datang. Saya berlari memeluknya dan tangis saya pecah di pelukannya. Entah apa yang terjadi bila hape saya lowbat sebelum mengiriminya pesan. Hiiih, membayangkannya aja masih membuat bulu kudukku merinding, bahkan sampai hari ini. Jangan pernah lagi deh saya mengalami kejadian seperti itu.

Bila dihitung, total udah 9 kali saya ke Kendari. Pertama kali adalah yang saya ceritakan tadi, kali kedua saat adik pertama (yang jemput saya tadi) wisuda, ketiga saat perjalanan dinas (saat masih jadi karyawan), keempat saat tes CPNS di Kemenkumham (hasilnya gak lolos, huhuhu), kelima saat adik bungsu wisuda, keenam dan ketujuh saat ikut latsar CPNS tahun lalu, kedelapan bulan Juni lalu dan kesembilan tanggal 19 kemarin. Kesepuluh?? Entah kapan lagi, hehehe


⭐ Surabaya

Pertama kali menginjakkan kaki ke Surabaya adalah tahun 2007 saat saya dan teman-teman kampus melakukan study banding ke Jawa-Bali. Gak banyak tempat yang kami kunjungi saat di Surabaya, kalo gak salah ingat kami berkunjung hanya ke dua tempat aja yakni Pasar Turi dan Tunjungan Plaza. Saat itu kami nginap di Islamic Center Surabaya. Selain Surabaya, saya dan teman-teman juga sempat berkunjung ke beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur, di antaranya Sidoarjo, Lamongan dan Malang.

foto di Islamic Center Surabaya

Di Sidoarjo, kami berkunjung ke tempat pengrajin tas di Tanggulangin. Saat berkunjung ke sana, suasananya terlihat sunyi karena banyak rumah-rumah yang tutup dan ditinggal penghuninya akibat lumpur lapindo yang saat itu semakin luas jangkauannya. Namun kesunyian itu gak mematahkan semangat teman-teman saya untuk berbelanja tas (kalo saya gak belanja karena kondisi keuangan yang pas-pasan, hahaha).

Selain Sidoarjo, kami juga ke Lamongan. Ingatan saya saat ke Lamongan ini agak samar, yang sedikit saya ingat adalah kami diajak oleh guide ke sebuah tempat wisata yang gedungnya itu berwarna biru berhiaskan kepiting yang sangat besar di pintu masuknya. Sedangkan di tembok lain ada gambar/patung lumba-lumba. Saya udah googling mencari tahu nama tempat ini berdasarkan foto yang saya miliki, agaknya tempatnya lebih mirip sama Wisata Bahari Lamongan, namun untuk lebih jelasnya kayaknya saya mesti tanya Blogger Lamongan nih yang lebih tahu. Benarkah yang kami kunjungi pada tahun 2007 lalu itu adalah WBL?


foto tahun 2007, saat kami berkunjung ke salah satu tempat wisata di Lamongan

Untuk Malang, ingatan saya juga agak samar, yang saya ingat kami diajak menikmati bakso yang rasanya lezat banget namun lagi-lagi nama restorannya saya lupa.

Kota di pulau Jawa berikutnya yang pernah saya kunjungi adalah Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Bogor, Tangerang dan Magelang. Beberapa kota ini, ada yang saya kunjungi sampe nginap di situ tapi ada juga yang hanya selewat doang, misalnya kayak Magelang, saya cuman lewat mengunjungi Candi Borobudur setelah itu jalan lagi mengunjungi kota lainnya.


bersama rekan-rekan admin dari kota lain saat ikutan training admin di salah satu hotel di Bogor

Setelah puas berkunjung ke Candi Borobudur, kami pun melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi dengan tujuan ke Bali. Sayangnya saat itu cuaca gak mendukung, jadilah kami kembali ke Surabaya dan menghabiskan waktu di sana sebelum akhirnya pulang ke Makassar.

Itulah beberapa kota yang udah pernah saya kunjungi. Setelah diperhatikan, ternyata saya baru mengunjungi kota-kota yang ada di Sulawesi dan Jawa aja (itu pun baru sebagian kecil). Untuk pulau-pulau lain seperti Sumatera, Kalimantan, Papua, Bali, Maluku dan Nusa Tenggara belum pernah saya kunjungi. Semoga suatu saat saya bisa menginjakkan kaki ke kota-kota tersebut yaa, amiiin đŸ¤˛đŸģ😇

You May Also Like

39 Comments

  1. Saya belum pernah ke Kendari. Sudah setahun tidak mampir ke Sulawesi. Bagus juga buat list seperti ini buat dokumentasi dan juga penyemangat supaya bisa travelling lebih jauh dan ke banyak tempat lagi

    BalasHapus
  2. wah senangnya bisa jalan-jalan di beberapa kota di Indonesia. Perlu lagi ke arah Jawa Tengah dan Barat.

    BalasHapus
  3. Sudah banyak tempat yang dikunjungi ya Mbak. Seruuu pasti ada kenangan khusus di setiap daerah yang pernah dikunjungi.

    BalasHapus
  4. Masya Allah kak Ira ke 3 kota yang pastinya berkesan. Jadwalkan kak, semoga bisa ke pulau Sumatera

    BalasHapus
  5. seru banget pengalamannya mbak, dan rasanya beruntung banget bisa menginjakkan kaki di banyak kota di pulau Jawa dan luar Jawa, btw bener banget, pas berkunjung ke Lamongan itu nama tempatnya Wisata Bahari Lamongan, tempat wisata ikonik di Lamongan tentunya. kira2 kapan nih bisa berkunjung ke Lamongan lagi, kita meet up yuk

    BalasHapus
  6. Jadi ingat waktu mau diajakin temen buat berkunjung ke Kendari, keburu hamil jadi gak jadi deh. Seru banget ya mba, udah banyak tempat yang dikunjungi

    BalasHapus
  7. Tempatnya sudah beragam dari pulau berbeda ya mbak. Mengunjungi tempat berbeda pastinya memiliki pengalaman yang berbeda tuh.

    BalasHapus
  8. Ngomongin soal Lamongan, aku jadi kangen soto Lamongan..

    BalasHapus
  9. Wah asik bisa mempunyai pengalaman utk mengunjungi beberapa daerah di Indonesia apa lagi jadi tau budaya setempat, smoga aq juga bisa km yg bisa keliling di berbagai daerah

    BalasHapus
  10. Baca pengalaman pas ke Kendari dan diserbu anjing wih saya jadi ikut deg2an bayanginnya. Untung sempet kirim pesan dulu sama adek ya mba. Ditunggu cerita pengalaman unik lainnya mba Ira :)

    BalasHapus
  11. Wah baca artikel ini saya jadi ikutan mengingat-ingat daftar kota yang pernah saya kunjungi. Kayaknya seru juga ya, apalagi setiap kota pasti memberikan kesan tersendiri. Kadang bikin rindu untuk datang lagi.

    BalasHapus
  12. kira-kira tujuan kota selanjutnya yang ingin kak ira kunjungi kemana ya?

    BalasHapus
  13. wah asiknya bisa mencoba hidup dibeberapa kota,
    kalo aku sendiri, dari bekasi, ke bukittinggi, lalu padang, dan kini di Jakarta.

    Rasanya menyenangkan bisa bertemu dengan orang2 baru. Belum lagi mengunjungi kota2 saat traveling.

    BalasHapus
  14. aku juga sempat menikmati keindahan Indonesia waktu kerja di Airlines ,seperti kota Ambon , Bali , Medan, Malang

    BalasHapus
  15. Asyiknya mba sudah ke banyak tempat. Saya belum pernah keluar pulau Jawa Mba. Sebenernya pengin ke pulau Sumatera, sekalian nengok saudara di sana, tapi entah kenapa belum berjodoh.

    BalasHapus
  16. Sama semua mbak, aku juga udah berkunjung ke Makassar, Kendari, Malang, Surabaya.. hal yg paling aku kangenin dari Makassar adalah kulinernha haha kudu balik lagi nih sama suami

    BalasHapus
  17. Masya Allah. Keren mba udah jalan2 jauh sampai Makassar. Aku belum pernah ke sana.

    Semoga keinginannya segera terwujud untuk menjejak langkah kaki ke pulau lain ya.

    BalasHapus
  18. Perjalanan menyenangkan dengan berkunjung di beberapa kabupaten kota di Indonesia. Amazing alhamdulillah

    BalasHapus
  19. saya malah cuma pernah ke kota2 pulau Jawa
    huhuhu sedih banget
    Karena itu sedang merancang, after pandemi harus ke luar pulau
    sedikit demi sedikit

    BalasHapus
  20. dari kota2 yang mbak tuliskan ini, saya baru berkunjung ke kota2 di Jawa saja. Semoga lain kali berkesempatan ke kota2 di Sulawesi jugaa.. Aamiin..

    BalasHapus
  21. Kebalikannya kita mbak, saya rata-rata baru mengunjungi kota-kota di bagian barat Indonesia, semoga diberikan kesempatan menikmati keindahan bagian timur

    BalasHapus
  22. Lagi asik baca eeeeh .. ada pengalaman ga enak dengan anjing... Kok bisaaa... Tapi itulah seninya jalan jalan yaa..

    Btw bagus juga idenya untuk mendokumentasi kan perjalanan ... Pengen banget bisa keliling Sulawesi.. insya Allah sekeluarga aamiin

    BalasHapus
  23. Wah ternyata Mba Ira, masih mudam tahun 2007 baru lulus kuliah, beda hampir 10 tahun - lebih awal saya:D.
    Btw, semoga list kota yang dikunjungi bertambah panjang ya Mba

    BalasHapus
  24. Saya doakan, mbak ada kunjungan dinas ke Lombok. Jadi kita bisa punya kesempatan buat kopdar, alias kopi darat.
    Trus, Lombok jadi bisa ditambahkan sebagai pulau (kota) ke sekian yang mbak kunjungi.
    Aamiin.
    Jangan lupa berkabar lho yaaa ^^

    BalasHapus
  25. Belum berkesempatan ke Sulawesi, beberapa thn lalu sempat ada rencana je makassar tp urung karena suatu hal.
    Klo kendari blom ada planning, tp mungkin suatu saat jika ada kesempatan akan bertandang ke sana

    BalasHapus
  26. Lumayan banyak ya kak kota yang dikunjungi dengan berbagai pengalaman. Aku tidak terlalu banyak. Baru Medan, Manado, Bandung, Jogja, Semarang, Solo. Pengen lagi jalan-jalan kalau ada waktu dan rejeki

    BalasHapus
  27. Daku malah belum pernah ke 3 kota itu, masih yang terbilang dekat sih seperti BoDeTaBek, Bandung, Blitar, paling jauh Labuan Bajo

    BalasHapus
  28. Pastinya seruuu klo bisa keliling Indonesiaaaaa
    Negeri elok yg amat kita cinta ini ya mbaaaa

    BalasHapus
  29. traveling memang menyenangkan ya, apalagi mengajak orang2 terkasih. yuk main ke lampung mbak, pantainya indah sekali ^^ untuk orang dewasa jangan lupa bermain watersport dan snorkling yaa

    BalasHapus
  30. Wah saya belum pernah nyebrang pulau. Enak ya bisa ke tempat yang ingin kita kunjungi dan diabadikan lewat tulisan. Bisa jadi kenangan. Btw saya penasaran sama kendari dan makassar loh

    BalasHapus
  31. Seru ya kalau punya kenangan di abadikan. Dari semua daftar kota belum satu pun yang dikunjungi nih hihi. Coba ke bagian Jawa Barat Mbak apalagi Bandung.

    BalasHapus
  32. Wah senangnya
    Mbak Ira sudah banyak berkunjung ke kota kota di Indonesia
    Kalau ke Surabaya lagi, kabar kabar ya mbak
    Kali saja kita bisa meet up

    BalasHapus
  33. serunya itu foto-fotonya masih ada ya mbak. aamin mbak semoga mimpinya terwujudkan ya. aku juga punya wishlist untuk ke luar jawa nih. baru ke kalsel doank.

    BalasHapus
  34. MashaAllah~
    Kak Ira belum ke Bandung... Semoga segera jelajah Nusantara yaa, kak Ira.
    Kagum banget, bahkan sempat ke Tanggulangin loo.. Hehhe, secara orang Surabaya sendiri jarang banget ke Tanggulangin.

    BalasHapus
  35. Senangnya mbak Ira bisa jalan jalan sampai ke luar pulau
    Kalau main main ke Surabaya ataupun Sidoarjo, bolehlah kita berkabar ya mbak
    Nanti saya ajak kulineran
    Mencoba lontong balap ataupun lontong kupang

    BalasHapus
  36. Mungkin untuk destinasi selanjutnya bisa dicoba untuk ke kota purwokerto mbak, di jawa tengah, kota dengan perpaduan yang beraneka rupa, dan menawarkan berbagai macam destinasi wisata; baik itu wisata kuliner, wisata alam, atau sekedar wisata hahahehe saja juga ada mbak, selain itu moda transportasinya juga relatif mudah bila hendak ke purwokerto

    BalasHapus
  37. Kak Ira langkahnya panjang.
    Semoga terus melangkah kemanapun yang dituju mendapatkan pengalaman baru yang seru dan positif sehingga bisa dibagikan pengalamannya di blog.

    Dari Kendari, Makassar dan Surabaya, yang paling menarik dari segi kotanya, yang mana kak Ira?

    BalasHapus
  38. Wah, dari tulisannya, semua terlihat seru untuk dikunjungi. Bisa jadi referensi nih, biar pas mau berlibur bisa menentukan mau liburan dimana. Next main-main ke Malang juga yuk :D

    BalasHapus
  39. Kendari, aku belum pernah. Semoga suatu saat bisa berkunjung ke sana. Ku doakan juga semoga kak Ira semakin banyak kota2 yang di kunjungi nantinya

    BalasHapus

Bikin acar dari kedondong
Setelah dibaca, minta komennya dong! 😉