7 Ciri Lelaki yang Tidak Boleh Dijadikan Suami

by - Maret 12, 2022

pic source: pixabay.com

Kemarin siang saya dibuat geregetan saat membaca status yang dibagikan seorang teman di facebook. Dalam statusnya, si teman membagikan meme tentang seorang suami yang curhat di sebuah grup. Si suami heran, jatah uang bulanan sebesar Rp. 350.000,- yang ia kasih ke istrinya habis dalam waktu 25 hari. Si suami heran, kok bisa istrinya seboros itu menghabiskan jatah uang untuk sebulan hanya dalam waktu 25 hari aja. Lalu ia pun menanyakan perihal keborosan tersebut namun si istri langsung ngomel, ngamuk-ngamuk dan ngancam mogok masak. Lalu sikap istrinya tersebut dijadikan alasan oleh si suami untuk mencari pengganti si istri aka menikah lagi.

Entahlah apakah meme ini memang benaran curhatan hati seorang suami kere plus pelit ataukah hanya lucu-lucuan semata, namun rasanya saya ingin urun pendapat mengenai hal ini karena kasus seperti sebenarnya banyak terjadi di sekitar kita.

Ini nih memenya

pengen nangis baca curhatan lelaki ini

Saat membaca meme ini, perasaan saya campur aduk antara gemas pengen jambak rambut si lelaki sekaligus pengen nangis karena di zaman semaju ini, kok masih ada perempuan yang mau dinikahi lelaki model ginian? πŸ˜­

Hei lelaki medit, kamu pikir uang Rp. 350.000,- itu banyak? Coba deh masuk ke supermarket sambil membawa uang segitu, berapa banyak barang yang bisa kamu bawa pulang? Atau gak usah ke supermarket deh, ke pasar aja. Duit 350rb itu gak bakalan cukup untuk membeli kebutuhan rumah tangga sebulan. Kalo kamu kere, yaa kere aja, gak usah ajak anak orang buat hidup bagai di neraka sama kamu. Udah gitu pake kepedean segala mau nikah lagi, satu aja gak sanggup, masih mau nambah lagi, ckckck 🀦🏻‍♀️.

Ya, Tuhan, saya benaran gemas banget deh. Kalo kamu gak mampu membiayai seseorang, ya gak usah nikah, Bambang! Jadi bujang lapuk aja sekalian biar gak perlu keluarin duit 350rb sebulan buat istri. Duh benaran emosi deh nulis ini πŸ˜“

Lalu muncul pertanyaan. Apakah sebab si perempuan hingga mau dinikahi lelaki kere plus pelit kayak gini? Kalo dipikir dengan logika, menyandang status single rasanya masih jauh lebih bahagia karena asal giat dan mau berusaha, perempuan pasti bisa pegang uang lebih dari yang dikasih si lelaki itu.

Tapi mungkin aja penyebabnya bukan karena alasan ekonomi. Mungkinkah penyebabnya karena udah gak tahan dengan tekanan sosial di sekitarnya? Mungkinkah perempuan mau menerima lelaki kualitas rendah seperti di atas karena udah bosan ditanyain kapan nikah ama orang-orang kepo jahat yang mengaku peduli padanya? Hmm bisa jadi πŸ€”

** 

Dari meme di atas, sepertinya banyak pelajaran yang bisa diambil. Salah satunya adalah apabila ada gadis lajang (yang menurut kita usianya udah pantas menikah) di sekitar kita, ada baiknya jangan ditanyain mulu kapan doi nikah. Karena bisa aja, pertanyaan kita yang jadi profokator si gadis untuk menerima lelaki mana pun yang datang. Baguslah kalo lelaki yang datang itu adalah lelaki sholeh yang baik akal budinya, lah kalo lelaki yang datang itu modelnya kayak lelaki di atas, apa kita mau bertanggungjawab atas penderitaan yang sudah diterima oleh gadis yang sangat kita pedulikan nasibnya itu? Gak kaan? Makanya tahan tuh mulut. Taro kekepoanmu di dalam hati, gak perlu diungkapkan!

Dan buat cewek-cewek di luar sana yang saat ini sedang menunggu pujaan hati. Pesan saya, kenali betul lelaki yang datang, jangan asal terima hanya karena usiamu gak muda lagi atau karena semua temanmu udah menikah. Jangan ambil keputusan menikah secara terburu-buru. Pikirkanlah secara matang karena ini bukanlah hal yang bisa diputuskan semudah itu. Menikahlah saat kamu siap dan sudah bertemu lelaki yang tepat, yang baik akhlaknya, yang memperlakukanmu dengan baik.

Berikut ciri-ciri lelaki yang harus dihindari yang gak boleh dijadikan suami agar terhindar dari penderitaan lahir batin:

πŸ‘‰πŸ» Pecemburu berat (posesif)

Memiliki pasangan yang posesif  membutuhkan energi besar karena ia akan membatasi ruang gerak kita. Ia akan menyetir dan menyortir siapa-siapa aja yang boleh dan gak boleh berteman dengan kita. Pertengkaran akan sering terjadi apabila kita gak terima dengan sikap dia yang seperti itu. Bahkan kadang hal yang gak masuk akal pun akan dijadikan alasan buatnya cemburu. So, daripada makan hati hidup dengan lelaki seperti ini, mendingan hindarilah sejak awal.

πŸ‘‰πŸ» Suka memaksakan kehendak

Berikutnya adalah lelaki yang suka memaksakan kehendak. Lelaki seperti ini akan berpikir bahwa istrinya adalah miliknya (memperlakukan istri seperti barang yang udah dibelinya), maka apapun yang diinginkannya, si istri wajib memenuhinya. Suami seperti ini gak akan peduli pada kondisi istrinya apakah sedang lelah dan gak mood melakukan sesuatu, ia akan tetap meminta dilayani dan dipenuhi keinginannya. Menolak melakukan "perintahnya" akan menyulut pertengkaran yang bisa jadi akan berujung pada kekerasan. Duh ngeri banget.

πŸ‘‰πŸ» Pelit

Contoh kasusnya udah terpampang nyata dalam meme di atas. Duh jauh-jauh deh dari laki-laki begini. Biasanya, ia hanya baik pada diri sendiri dan teman-teman nongkrongnya namun pelit pada istri dan anak-anaknya. Jauhi lelaki begini bila ingin rumah tanggamu terbebas dari neraka dunia.

πŸ‘‰πŸ» Mata jelalatan

Lelaki seperti ini juga harus dihindari kalo kamu gak mau makan hati. Lelaki seperti ini mudah dikenali, salah satunya adalah ia masih suka tebar-tebar pesona pada cewek lain walau udah punya kekasih. Matanya masih suka berbalik pada cewek yang berpapasan dengannya padahal di waktu bersamaan ia sedang bersama orang yang ditaksirnya. Menerima lelaki seperti ini  akan membuatmu hidup bagai bunga yang hidup segan mati tak mau. Menikah dengan lelaki seperti ini biasanya akan berakhir dengan perselingkuhan atau poligami tanpa persetujuan istri pertama.

πŸ‘‰πŸ» Kere dan Malas

Lelaki kere namun bersemangat memperbaiki diri, rajin belajar untuk meningkatkan kemampuan masih bisa diterima. Namun bila yang mendekat adalah lelaki kere nan malas, duh jauh-jauh deh. Lelaki seperti ini akan akan membuat kita capek dan tersiksa lahir batin. Setelah nikah, ia gak akan semangat bekerja. Dan bila istrinya yang bekerja, tanpa malu ia akan menikmati bahkan menggerogoti hasil kerja istrinya. Lalu apa yang dilakukannya? Ia melakukan apapun yang disukainya tanpa peduli perasaan istri dan kondisi rumah. 

πŸ‘‰πŸ» Emosian

Lelaki berikutnya yang harus dihindari adalah lelaki emosian. Menikah dengan lelaki seperti ini besar kemungkinan akan mengalami KDRT. Saat sedang berdebat, ia gak bisa menahan emosi lalu melakukan kekerasan pada pasangannya. Lelaki seperti ini biasanya memiliki suara yang menggelegar yang sewaktu-waktu bisa dikeluarkan saat sedang marah. Jangan sampai jadi "sasaran tembak" laki-laki seperti ini yaa. Lebih baik dihindari sejak awal daripada babak belur 

πŸ‘‰πŸ» Perokok

Lelaki terakhir yang mesti dihindari adalah perokok. Suami saya adalah perokok dan jujur aja saya gak suka dengan hal ini. Dulu saya mau menikah dengannya karena dia janji bakalan berhenti merokok tapi ternyata janji manis itu gak ditepati bahkan hingga hari ini, hiks aku tertipu, gaes. Asap rokok sangat berbahaya untuk kesehatan, jadi bila ada seorang perokok yang mendekatimu, pikir 1000 kali untuk menerimanya, apalagi bila kamu punya penyakit asma yang gak bisa mencium bau rokok. Namun bila kamu gak keberatan dengan hal ini, yang ini bisa di-skip πŸ’πŸ»‍♀️

^^

Saya berharap semakin banyak perempuan lajang di luar sana yang berpikir bahwa telat menikah itu bukan aib atau hal yang memalukan. Yang sangat menakutkan justru adalah salah pilih pasangan hidup. Hidup ini terlalu lama untuk dihabiskan untuk hidup bersama lelaki yang salah.

Meme di atas adalah pengingat untuk kita bahwa memilih pasangan hidup itu gak boleh asal-asalan. Asal ada yang datang, langsung diterima. Jangan dong yaa! Ingatlah, kita perempuan adalah makhluk berharga yang berhak bahagia πŸ₯°


You May Also Like

34 Comments

  1. Nah itu di poin terakhir dijelaskan soal perokok. Gak kebayang ya kalau yang bikin status FB itu beneran ngeluh (bukan buat konten semata) dan dia perokok berat yang sehari seenggak-nggaknya ngabisin 1 bungkus rokok. Kasihan amat istri dan anaknya.

    Aku suka tulisan ini :)

    BalasHapus
  2. Ya allahh sayangkuu berasa banget emosinya pas nulis ini.

    Hey itu cowo rasanya pengen ta jambak2 rambute... gemes banget aku juga pas baca.

    Bener ya emang cari suami itu harus sangat hati2 jangan menikah asal terima yg penting laku. Tp kita harus tahu tabiatnya ya Mbak.

    BalasHapus
  3. Waduh dari beberapa hal diatas sebagian memang gak layak banget, mending kalau ia menyadari kekurangannya itu dan berusaha memperbaiki untuk jadi lebih baik lagi. Sebagai cowo juga saya tidak setujuu aahh bisa-bisa nya gitu!

    BalasHapus
  4. Duh ingin klitikin ginjalnya tuh cowok deh wkwkwkw, emosi saya bacanya. Harus beneran teliti ya sama tabiat calon suami, jangan sampai menyesal kemudian.

    BalasHapus
  5. Wah kalo perokok sih ga mau banget, apalagi kalau emosian, dua-duanya ga banget ya buat dijadikan pasangan. Karena menikah itu bukan untuk main-main

    BalasHapus
  6. Ihh amit-amitt, jangan sampai anak gadis kita dapat suami seperti itu. Saya langsung emosi lho baca meme facebooknya, meskipun niatnya becandaan tapi ya kesel juga.

    BalasHapus
  7. bneran 7 bciri lelaki itu jelek banget :D :D

    tapi yang paling bikin geleng2 kepala soal jatah bulanan Rp 350.000

    pingin bilang ke laki2 ngawur itu: coba hitung kalo makan di warteg cukup gak Rp 350.000 per bulan?

    BalasHapus
  8. Ikutan gemes juga baca meme di atas. Setuju banget dengan ciri-ciri suami yg ga boleh dinikahin. Baiknya memang kalau mau ke jenjang pernikahan, baiknya belajar bareng biar lebih siap berumahtangga. Belajar tentang kewajiban dan hak, finansial, parenting, dll.
    Setuju ga mb? Hehe

    BalasHapus
  9. Nah, saya juga kalau bisa menghindari lelaki yang perokok, bukan karena apa, saya nggak suka bau asap rokok. Intinya, jika sudah berumah tangga komunikasi penting ya mbak, biar pasangan nggak cemburuan. Mengenai finansial juga, harus sama2 deal.

    BalasHapus
  10. 350.000 sebulan memang dihitung dari segi matematik manapun nggak cukup untuk sebulan.

    Perihal ciri-ciri suami yang disebutkan yang rata-rata menyangkut sifat, memang sulit ya terlihatnya, bisa jadi pas pacaran baik-baik saja, namun baru ketahuan setelah menikah.

    BalasHapus
  11. Ha..ha..ha..setuju semua deh kakak.Terutama laki-laki medit.Hareee gene mana kenyang makan cinta ya.Kadang wanitanya juga yang dibutakan oleh cinta ya,aku sih ogah,hiks

    BalasHapus
  12. Memang fenomena sosial selalu ada yang menarik karena memang terjadi, 7 indikator tersebut menarik kak untuk dibuat penelitian

    BalasHapus
  13. Duh.. saya sebagai lelaki, jadi agak bingung komentarnya, wkwkw.. tapi intinya, setiap lelaki maupun perempuan memang seharusnya selalu mempertimbangkan siapapun yang akan menjadi teman hidupnya.

    Karena itu termasuk salah satu ikhtiar, termasuk selalu mempersiapkan diri sendiri dengan segala hal baik.

    Salah pilih? saya kira kurang tepat sih, kak. Karena jodoh itu urusan Tuhan. Apalagi merasa tertipu :)

    BalasHapus
  14. setuju mba dengan opini mba. 350ribu itu kalau buat masak bisa 2 pekan doang. apalagi kalau beli ayam, udang, ikan, dll.
    semoga yang belum menikah, belum menemukan jodohnya, agar disegerakan . semoga menikah dengan orang yang tepat dan waktu yang tepat. aamiin

    BalasHapus
  15. Naah..ini nih yg mesti diwaspadai oleh gadis2 yg sdg cari suami..jangan sampsi terbutakan cinta..hehe..

    BalasHapus
  16. Iya, jangan cari suami dgn ciri ciri diatas
    Nanti pernikahan nggak akan bahagia
    Malah kayak hidup di neraka

    BalasHapus
  17. Wah, aku setuju banget ka dengan tipe tipe lelaki seperti ini yg perlu dihindari buat nikah.. kadang miris juga, fenomena lelaki kere dan malas, pelit, terjadi di tetangga sekitar rumahku ..yg akhirnya orang perempuan mau ngga mau mencari penghasilan tambahan

    BalasHapus
  18. Semoga aku dijauhi dari menjadi lelaki pelit kepada istri ammin.

    BalasHapus
  19. Nah, perlu dipahami dan diperhatikan baik-baik nih. Utamakan agamanya yang Ok ya. Bisa jadi imam dunia akhirat. Kalau baik agamanya isnya Allah baik semuanya.

    BalasHapus
  20. Semoga dapat suami yang sesuai keinginan temen-teman

    BalasHapus
  21. Kalo udah dibutakan cinta, kadang yang mba sebutkan di atas itu suka ngga kliatan, atau ngga mau diliat hahahha.. setelah nikah baru deh yang ditutupi pun langsung kliatan semua. Tapi semoga postingan itu cuma buat lucu2an (yang ngga lucu) aja ya. dari pada saya ikutan jadi gemes jugak hahahha

    BalasHapus
  22. meme nya emang bikin geram sih, dia pikir 350ribu bisa buat sebulan?wkwkwkw. suruh aja hidup sendiri pake duit segitu ya, hahaha. Milih jodoh sebelum yakin dinikahi emang gak mudah ya kak, tapi pas pacaran apalagi lamaran sih ya gak ketahuan wujud aslinya gimana, dan seperti mba, janji manis ya tinggal janji manis, setelah nikah lupa, hihihi. tapi selama ta aruf atau pacaran kita bisa tahu watak asli dan beberapa kebiasaan asli nya sih, bisa jadi bahan pertimbangan juga. kao calon nya macam cowok di meme itu, yang ogah traktir dinner, hitungan kalo jalan-jalan bareng, baperan (gak di bales wa langsung ngambek)......wahhh kabur aja deh, hihihi

    BalasHapus
  23. Jadi pelajaran banget ini buat saya.
    Meski yang bagian terakhir kek nya susah gampang ya menemukannya, soalnya kebanyakan temen saya perokok, haddeh

    BalasHapus
  24. Mantap nih pembahasannya mbak... Aku benar2 mempertimbangkan ini semua buat dijadiin sbg suami nih, meskipun yg point terakhir agak banyak di lingkungan aku. Tapi aku banyak belajar dari Papa setelah aku ada tiap aku ke warung beliau nitip beliin rokok tidak aku hiraukan ya agak gimana gitu, tapi benar2 ditunjukkan saat beliau disuruh berhenti total sama dokter karena ada gejala penyakit parah kalau gak gitu ya susah mba, hehe moga lelaki yg perokok bisa menyadari itu lebih awal biar sblm terlambat...

    BalasHapus
  25. Tujuh sifat di atas memang sifak buruk semua. Tapi kalau harus memilih sifat paling buruk, menurut saya yang "emosian" karena bisa memicu KDRT. Kasus terparah, KDRT bisa berakhir pada pembunuhan (na'uzubillah)

    Papa saya juga perokok, tp alhamdulillah akhirnya berhenti sendiri setelah bulan puasa. Semoga suaminya juga bisa berhenti merokok setelah bulan puasa tahun ini yah mba.

    BalasHapus
  26. Tepat banger, Mbak. Jadi, yang masih single-single, wajib banget mencari seorang pria yang baik lahir dan batin.

    Mungkin akan lebih sulit ketimbang mencari laki-laki yang pada umumnya, tapi demi masa depan yang baik, wajib banget, terus berusaha dan berdoa.

    BalasHapus
  27. Ehm. Langsung ketawa baca poin terakhir karena suamiku smoker :D. Toleransi orang emang beda2 ya.

    Tapi kalau ketemu yg pelit, malas, posesif pula. Males. Kudunya bye bye sejak dini. Gak usah diterima lamarannya.

    Itulah kalau jadi cewek juga jangan terlalu bucin. Tapi pakai logika dan lihat apakah kekurangannya itu fatal atau masih bisa diperbaiki.

    BalasHapus
  28. Aku juga baca tu status yang 350 ribu. Ini bacaan yang bagus buat dibaca terutama bagi yang sedang mencari jodoh.

    BalasHapus
  29. setujuuu aku juga nggak suka perokok karena langsung bikin mood jadi bete. berharap bisa dapat suami bukan perokok kelak

    BalasHapus
  30. Ikut kesel baca caption itu mba, hiihhhh wkwk. Penting banget memang sebelum nikah itu selektif untuk cari pasangan. Karena akan jd partner seumur hidup. Sbg perempuan aja produktif dari rumah, masa laki-lakinya males & pelit. Na'udzubillah :( berdo'a terus untuk dpt yg trbaik sampai syurga ya wahai singlelillah^^

    BalasHapus
  31. Ya ampun 350k buat sebulan???? Aku aja seminggu masih kurang segitu. Apalagi sekarang apa-apa mahal. Gila banget itu suaminya.

    Alhamdulillah dari semua kriteria di atas suamiku lulus semua. Hehe

    BalasHapus
  32. Waduh saya juga gagal di yg terakhir itu soalnya perokok euy, tapi bisa nahan kalau sekiranya ada anak kecil atau orang yg ga tahan asap rokok.

    Yg postingan itu emang ga ngotak ya, tapi kadang saya mikir juga yg bikin postingan kayak gitu emang aslinya atau sengaja lucu-lucuan buat bikin biar viral aja ya.

    BalasHapus
  33. Setelah dibaca, memang bener sih kalau misalnya judulnya diganti pake kata: ciri wanita ... masih masuk akal juga. ahahha.

    BalasHapus
  34. sumpah emosi banget baca meme curhatan lelakinya pengen dipites! Setuju banget sama jangan dehhh deket-deket sama cowo males! aku pernah ngalamin deket sama cowo males haduuhhh rugi perasaan dan bandar deh, malah cenderung doi pengen dimanja, dibantu ini itu hvft

    BalasHapus

Bikin acar dari kedondong
Setelah dibaca, minta komennya dong! πŸ˜‰