Menabung Setiap Hari? Insyaallah Bisa!

by - Agustus 03, 2022

pic source: pixabay.com

Tadi siang, saat sedang scroll-scroll video yang lewat di fyp tiktok saya, mata saya terpaku pada satu video yang menurutku berfaedah banget. Video apakah gerangan? Adalah video tentang menabung di amplop. Jadi, si pemilik video ini men-challenge dirinya untuk menabung di dalam amplop setiap hari minimal Rp. 100.000,-/amplop selama seratus hari.

Baca Juga: Akhirnya Saya Resmi jadi Anak Tiktok

Melihat video ini entah mengapa saya jadi tertantang untuk melakukan hal serupa walau mungkin nominalnya gak sebesar si pembuat video yang saya tonton ini (secara yaa bo', gaji eyke sebulan tenculah gak sebesar doi, hahaha😂). Bukan cuman saya yang tertarik dengan ide menabung seperti ini, di kolom komentar banyak yang tertarik namun beberapa di antara mereka juga mempertanyakan, kok bisa nabung setiap hari padahal gajiannya hanya sekali sebulan. Si konten kreator ini menjawab bahwa selain memiliki penghasilan tetap setiap bulan, ia juga memiliki penghasilan tambahan yang ia dapatkan dari keahlian yang dimilikinya, jadi penghasilan tambahan inilah yang sangat membantu lancarnya pengisian amplop ini.

Lalu saya pun berpikir, si konten kreator tersebut aja bisa nabung, masa saya gak bisa ngikutin jejaknya? Saya juga sama seperti dia, punya penghasilan tetap setiap bulan (walau jumlahnya gak sebesar dia) dan punya penghasilan lain yang insyaallah selalu ada setiap bulan dari sosmed dan hobby atau kebiasaan saya menulis di blog. Yuk, beli amplop se-dus dan mulai ikutan challenge-nya, Ira! Bismillah, saya bisa! ðŸ’ª

amplopnya udah ada

Menurut si konten kreator, bila kita memanfaatkan potensi yang kita punya, kita bisa banget mendapatkan penghasilan tambahan yang nilainya kadang bisa melebihi penghasilan tetap kita sebulan. Asal kita mau belajar dan mengasah diri, insyaallah hasilnya akan kita petik. Bukankah hasil gak akan pernah menghianati usaha yang udah kita lakukan? Apalagi sekarang ini kita gak perlu susah-susah keluar rumah buat kursus karena udah banyak aplikasi kursus online yang bisa dipilih untuk mengembangkan potensi yang kita miliki.

Lalu keahlian-keahlian apa sajakah yang bisa kita kembangkan dan manfaatkan yang dapat membantu kita menghasilkan cuan yang bisa dipakai buat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus dapat ditabung seperti yang dilakukan si konten kreator yang saya ceritakan di atas? Berikut beberapa keahlian yang bisa dijadikan sumber penghasilan, di antaranya:

💰 Menulis

Memiliki keahlian menulis memberikan banyak keuntungan, salah satu contohnya adalah menulis di blog. Bila blognya dikelola dengan baik, insyaallah akan mendatangkan materi yang lumayan yang nominalnya bisa membantu perekonomian keluarga. Bila blog kita dikelola secara serius dan profesional, menabung setiap hari tentu bukan hal yang mustahil lagi. Jujur aja, dulu saya gak pernah menyangka, kalo hasil yang saya dapatkan dari hobby saya menulis di blog bisa seperti ini. Dulu, saya pikir blog hanya merupakan tempat bagi saya untuk menuangkan opini atau tempat untuk curhat aja, ternyata hasilnya di luar ekspektasi. So, bila kamu punya keahlian menulis, yuk buat blog dan kelola secara serius. 

Baca Juga: Niche Blog Banua Mayana Waira

💰 Memasak

Keahlian memasak juga bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Ada beberapa teman saya yang membuka bisnis dari keahliannya memasak. Hasilnya? Ngeri euy! Omsetnya mencapai puluhan juta sebulan 🤑  

💰 Public Speaking

Memiliki keahlian public speaking adalah anugerah. Apalagi bila ditunjang dengan rasa percaya diri yang tinggi dan jaringan koneksi yang luas maka kesempatan untuk memanfaatkan keahlian itu semakin besar. Salah dua pekerjaan paruh waktu yang bisa dipilih antara lain pembawa acara atau MC dan moderator. 

💰 Menyanyi

Dulu, untuk menjadi penyanyi sangatlah sulit. Jalan yang ditempuh sangat panjang dan berliku (kecuali punya "orang dalam" di industri musik). Saya ingat, saat masih kuliah dulu, berkali-kali harus ngantar sahabat saya yang memiliki suara merdu untuk ikutan audisi lomba nyanyi yang diadakan beberapa stasiun tv swasta, mulai dari AFI, KDI hingga Indonesian Idol. Hasilnya? Gak lolos. Bandingkan dengan sekarang, kita sangat mudah menemukan penyanyi-penyanyi baru bersuara merdu di kanal youtube yang mereka miliki. Gak sedikit penyanyi yang sebelumnya hanya ngamen di "jalan" kini bisa punya fans fanatik layaknya penyanyi-penyanyi jaman dulu yang udah masuk dapur rekaman. Kalo udah gini, cuan tentu mengalir deras di rekening mereka, hehehe ðŸ¤‘

Baca Juga: 2007 dalam Kenangan

💰 Menggambar

Keahlian lain yang juga bisa diasah dan bisa memberikan penghasilan tambahan jika ditekuni dan dikembangkan adalah memiliki bakat di seni gambar. Di antara 5 bersaudara, ada salah satu adik saya yang sejak kecil suka banget menggambar dan membuat doodle. Saat masih sekolah, dia sering dapat hadiah uang tunai yang nominalnya sangat besar (di mata kami saat itu ðŸ¤‘) karena gambar kaligrafinya selalu juara satu. Menurutnya, menggambar adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus menenangkan pikiran. Sayangnya karena sesuatu dan lain hal, kini dia gak mengembangkan bakat yang dimilikinya tersebut, hiks sayang banget padahal kalo dikembangkan bisa menjadi salah satu caranya menambah penghasilan. 

💰 Make up

Hobby merias wajah ternyata bisa dijadikan cara untuk menambah penghasilan loh. Ada beberapa teman saya yang akhirnya menjadi make up artist (MUA) yang sering diundang untuk merias pengantin atau acara lain seperti wisuda, lamaran atau tujuh bulanan. Kegiatan yang awalnya hanya hobby ini menghasilkan cuan yang lumayan. Hmm, sungguh hobby yang menghasilkan yaa ❤️

🔥🔥

Itulah beberapa keahlian yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan untuk meningkatkan nominal pundi-pundi keuangan kita. Bila ada penghasilan tambahan yang kita dapatkan secara tetap setiap bulan, menabung setiap hari tentu bukan lagi menjadi hal yang sulit.

Seperti kata banyak pakar keuangan, apalah artinya menabung bila gak konsisten dan disiplin, maka agar kegiatan menabung kita berjalan lancar, maka diperlukan tekad yang kuat, konsisten dan disiplin. So, doakan saya agar selalu konsisten dan disiplin menyisihkan uang setiap hari hingga 100 hari ke depan yaa! Fighting, Ira! ðŸ’ª

Oh iyaa, kalo kalian, gimana cara menyisihkan uang setiap bulan? Adakah yang udah mencoba cara menabung pakai sistim amplop seperti ini? Bagi ceritanya di komom komen yuk! ðŸ˜‰

You May Also Like

22 Comments

  1. Wah harus ditiru ini mah, karena sangat bermanfaat
    uang itu kalo udah ditangan pasti ngalir seperti air
    jadi pasti habis
    dengan ditabung, kita punya motivasi ya?

    BalasHapus
  2. Wewwww, 100ribu per hari?
    Glek dah.
    Tapi lumayan juga idenya buat ditiru ya say, meskipun nggak sampai 100ribu, kalau saya sih baru challenge si Kakak, tiap hari wajib motong uang jajannya buat ditabung :D

    BalasHapus
  3. Apapun kalau diniatkan pasti bisa. Tinggal mengasah konsistensi dan terus mengingat hasil baik yang akan kita terima setelahnya. Semangat menabung!!

    BalasHapus
  4. Menarik juga ya, nabung di amplop tiap hari. Aku mungkin Rp10ribu aja deh...hihi...Pakai celengan kaleng boleh aja kalik ya. Takutnya kalau amplop, ntar dibuka, trus belanja...Haha...

    BalasHapus
  5. Kalau memanfaatkan potensial diri pasti bisa ya mbak Ira. Dan tentunya bisa menabung sehari 100K. Hayuuk dah semangat menabungnya

    BalasHapus
  6. Satu lagi mbak, jualan preloved. secara baju di rumah yang udah pada bosen atau ngga muat lagi bisa dijual hehee...

    Jadi prinsipnya kalau mau beli 1 baju baru harus bisa jual 1 baju lama.

    BalasHapus
  7. Kalau aku pakai rekening khusus tiap bulan nabungnya
    Kalau cash gini, justru khawatir kepakai, hihihi
    Tapi idenya keren loh mba
    Saya liat di IG dan tik tok juga banyak yang pakai sistem nabung amplop gini

    BalasHapus
  8. Dulu awalnya nabung saya suka masukkan uang ke amplop. Tapi sekarang gak lagi karena masuk rekening. Lagian uang yang ditabung datangnya bukan dari satu pintu kan. Kalau dikumpulkan banyak juga. Alhamdulillah

    BalasHapus
  9. Memang harus diniatkan sih ... kalo mau nabung itu, soalnya godaannya banyak, jadi dapet uang harus disisihkan untuk tabungan ya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Bu Sumi,
      Niat yang kuat lalu dijalankan secara rutin, maka in-syaAllah bisa ya

      Hapus
  10. Nggak ada yang nggak bisa selama niat ya mbak
    Termasuk untuk menabung setiap hari
    Kalau ada niat dan usaha ya pasti bisa

    BalasHapus
  11. ini namanya sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit yaaa, sebenarnya menabung kalau konsisten itu pasti bisa kok, memang harus komitmen dan pembiasaan sih yaaa pasti bisa juga terwujud goalsnya

    BalasHapus
  12. Sering lewat di berand IG ku juga nih..
    Model binder kecil tapi diisi uang sehingga menabung setiap hari? BISA kok.
    Tapi kok aku masih belum memulai, huuhu.. Seperti yang dicontohkan di film UP yaa..
    Pasangan yang ingin memiliki rumah di Paradise Falls.

    BalasHapus
  13. Wah butuh kemauan yang kuat nih untuk bisa nabung 10 k sehari ..apalah saya yang dikit nabung banyak jajan hehe

    BalasHapus
  14. Semua keahlian bisa menghasilkan saat mau berusaha ya, Kak. termasuk berusaha menabung juga setelah mendapatkan cuan dari keahlian kita.

    BalasHapus
  15. Tetaplah melakuak kebiasaan yang positif dan hobby yang positif pasti insha Allah mendatangkan rezeki sebagai bonus

    BalasHapus
  16. Awal2 nikah aku pernah lakuin tapi karna memang uangnya gk cukup akhirnya selalu ambil amplop selanjutnya lama2 menyerah hihibutuh penghasilan tambahan sih dan tekad yang kuat supaya bisa disiplin nabung

    BalasHapus
  17. Cara sederhana untuk nabung yang mudah terlihat hasilnya kalau konsisten ya, Mbak. Ndak ada alasan misal ndak punya rekening cadangan

    Perkara menabung ini harus kuat niat dan komitmen

    BalasHapus
  18. Kalau mbak ira lihat di tiktok ya, tapi kalau aku selalu lewat di beranda IG ide menabung gini. Sampai2 diniatkan beli dompet khususnya tpi sayangnya realisasi masih jauh dan belum konsisten, hehe harus bisa nih kita

    BalasHapus
  19. emang konsistensi adalah kunci. ini yang kadang sulit nih. niat udah tinggi, tapi kegoda sana sini. :")

    BalasHapus
  20. Aku kalau pakai amplop bisa -bisa ku ambil mbak uangnya hiks. Kudu yang ga mudah diambil misal di celengan gerabah. Tapi tiap orang beda2 sih

    BalasHapus
  21. sepakat bahw amasing masing dari kita itu memiliki potensi yangs eharusnya bisa diekmbangkan. dan menjadi menyenagkan jika potensi ini diasah dan kita suka. lalu menghasilkan . aku sudah melakoni tentang menulis

    BalasHapus

Bikin acar dari kedondong
Setelah dibaca, minta komennya dong! 😉