4 Kebiasaan yang Sering Saya Lakukan di Awal Ngeblog

by - Agustus 08, 2022

pic source: pixabay.com

Bulan Oktober nanti genap tujuh tahun saya menjadi seorang blogger. Tanpa saya sadari, ternyata udah lama juga saya jadi blogger. Tapi rasanya kok gini-gini aja yaa, kayak masih newbe terus. Rasanya keahlian menulis saya masih segini-gini aja gak ada perkembangan dari waktu ke waktu. Pun dengan semangat nulisnya, bukannya makin rajin, makin ke sini malah semakin malas aja nih saya rasakan, huhuhu 😢

Baca Juga: 2 Bulan Tidak Ngeblog, Ini yang Saya Lakukan

Makanya, kalo mau jujur, saya tuh merasa insecure banget dengan munculnya banyak blogger baru. Melihat kegigihan dan keuletan mereka, saya cuman bisa sapu dada alias pasrah karena merasa gak bisa nyaingin mereka. Gimana mau bersaing, wong mau buat satu artikel 500 kata aja susahnya minta ampun, butuh waktu minimal dua hari untuk menyelesaikannya. Itulah kenapa, saat berhasil publish satu artikel di salah satu blog yang saya punya, saya bahagia dan puas banget karena merasa bisa menaklukkan diri sendiri, hehehe 😁

Melihat blogger baru yang ulet dan gigih itu, membuat saya ingat dengan masa-masa awal saya ngeblog dulu. Saat itu, semangat saya juga menggebu-gebu. Bila sehari gak nulis, rasanya ada yang kurang. Mau buat artikel gak membutuhkan waktu selama sekarang, nyari idenya juga gampang.

Baca Juga: Domain Baru di Tahun Baru

Saat itu (tahun 2015 - 2017), saya rutin melakukan beberapa kegiatan yang memberikan impact positif bagi blog saya, diantaranya: 

- Rajin blog walking (bewe) ke blog-blog sahabat blogger

Di awal-awal ngeblog, saya rajin banget bewe ke blog teman-teman. Saya melakukannya secara suka rela tanpa paksaan. Saat itu, belum ada grup whatsapp bewe seperti saat ini. Saat itu, bewe yaa bewe aja, perkara teman yang saya kunjungi blognya bakalan berkunjung balik, itu urusan ke sekian. Saya senang melakukannya, dan itu rutin saya lakukan setiap hari. Saya bahkan punya tabel excel nama-nama blog yang rutin saya kunjungi. Ahh, kangen deh dengan masa-masa itu, kapan saya bisa seperti itu lagi yaa? Bewe dengan santai namun blog yang saya kunjungi setiap hari bisa lebih dari 15 blog.

Karena rutin melakukan ini, alexa rank (saat itu masih dipakai sebagai salah satu parameter mendapatkan job) blog saya lumayan cepat turun nilainya. Fyi, semakin kecil nilai Alexa artinya semakin bagus. Karena sering bewe ini, saya jadi akrab dengan lumayan banyak blogger.

Baca Juga: Niche Blog Banua Mayana Waira

- Rajin nulis

Awal-awal bikin blog, hampir tiap malam saya nulis jadi persediaan artikel untuk blog selalu ada. Ritual khusus sebelum tidur saya selalu buka laptop untuk menulis apa aja. Tulisannya gak selalu langsung jadi, tapi minimal udah ada artikel setengah jadi yang tinggal butuh "sentuhan akhir" sebelum diposting di blog. Dulu saya juga punya tabel jadwal tayang artikel di blog. Misal hari Senin posting tema ini, Selasa tema itu, Rabu tema blablabla, dan seterusnya. Sekarang? Jangankan membuat jadwal, yang ada artikelnya saya back date  agar blog gak kelihatan lama kosongnya 🤦🏻‍♀️

pic source: pixabay.com

- Rajin ikutan lomba blog

Dulu saya juga rajin banget ikutan lomba blog, baik lomba yang diadakan brand maupun lomba yang diadakan teman blogger (giveaway). Saat itu jiwa kompetitif saya lumayan tinggi jadi suka menantang diri sendiri ikutan lomba yang ada walaupun hasilnya yaa gitu deh, lebih banyakan kalahnya dibanding menangnya, hahaha. Walau jarang menang, saya gak pernah menyesal ikutan lomba, selain karena dapat melatih kreativitas saya dalam menulis, ikutan lomba juga melatih saya lebih sadar diri dan sportif menerima keputusan juri.

- Rajin belajar

Saat awal-awal membuat blog, saya rajin banget belajar (secara otodidak). Saya mempelajari segala sesuatu tentang bagaimana cara mengoptimalkan performa blog. Karena keuletan itu, blog saya pernah memiliki pageviews di atas 2.000 per hari via google analytics. Saat itu, ada beberapa artikel saya juga sukses menembus page one google. Sayangnya ilmu-ilmu yang saya pelajari itu gak saya terapkan lagi saat ini. Ditambah lagi algoritma google berubah (dan saya mulai malas update ilmu perbloggingan), pageviews perlahan mulai turun dan semangat ngeblog pun mulai kendor, hasilnya bisa ditebak jumlah artikel mulai berkurang karena saya mulai jarang update tulisan. 

**

Sekarang, saya mencoba pelan-pelan untuk bisa kembali seperti saat saya pertama kali ngeblog dulu. Walau mungkin semangatnya gak se-menggelora dulu, saya usahakan minimal setiap bulan bisa mencapai setengah dari apa yang saya capai saat itu. Saat ini, saya juga mencoba menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik yang dulu selalu saya lakukan yang impact-nya sangat baik untuk blog saya. Ayo semangat, Ira, kamu pasti bisa! 💪

You May Also Like

16 Comments

  1. toss duluuu..saya juga melakukan hal2 yg sama di awal ngeblog, namun saat ini banyak yg sdh tak bs rutin sata kerjakan. minimal 1 post/minggu itu target saya saat ini.. tak apalah..yg penting ttp enjoy ngeblog ya mbaa..

    BalasHapus
  2. Ahhh rasanya seakan membaca pengalaman awal saya ngeblog, mba Ira. Tapi untuk pandangan saya pada mereka blogger muda saat ini, nggak ada rasa insyekur, hehehe.

    Yah tiap masa ada generasi yang pasti memiliki lebih banyak skill, semangat, dan juga kelebihan lainnya yang bikin mereka nampak jago. Mari tetap semangat ngeblog, diniatkan untuk berbagi dan semoga bermanfaat untuk pembaca blog kita, aamiin

    BalasHapus
  3. Kecuali lomba blog, tiga tips lainnya juga rajin saya lakukan di awal ngeblog dulu.

    Pernah juga sampe langganan balas-balasan komen bareng beberapa rekan blogger lintas kota.

    Waaaa, semacam harus menghidupkan ulang 4 tips baik di atas nih ^^

    BalasHapus
  4. Kok sama say, dulu juga awal-awal serius ngeblog ya rajin nulis, rajin BW, dan supringly dulu saya rajin ikut lomba blog, tapi makin ke sini, makin malas, padahal dulu tuh seringnya ikut lomba blog, sambil ngetik ya sambil nyusuin hahaha.
    Sekarang lebih suka nulis organik aja, jarang bisa ikut lomba, karena sulit cari waktu buat fokus

    BalasHapus
  5. Betul banget ya mbak, sebagai seorang blogger tuh harus banyak belajar hal-hal baru. Nggak hanya tentang ilmu per-blogging-an, tapi juga ilmu lain yang berhubungan sama artikel yang akan kita tulis

    BalasHapus
  6. Konsisten menulis memang sangat membantu melancarkan dan menumbuhkan skill menulis kita ya. By the time, dengan rajin latihan kita juga jadi terbiasa menyusun kata dan kalimat. Tentu saja didukung dengan kebiasaan-kebiasaan baik lainnya.

    BalasHapus
  7. Ya ampun samaaa..aku makin ke sini makin nurun semangatnya. Hiks. Yuk semangat bersama kita, ngeblog lagi, konsisten kembali, Memang untuk mempertahankan kebiasaaan baik ituuuh ga gampang tapi bisa!

    BalasHapus
  8. Lewat lomba blog jadi jalan ninja banget sih mbak, biar blog gak kosong karena bingung mau diisi apa ya

    BalasHapus
  9. 4 tips yang mantap banget
    Gimana mau ngeblog kalo gak mulai?
    Gimana tulisannya mau bagus kalo gak mau baca, belajar dan jalan-jalan ke blog teman
    serta gimana mau punya tantangan kalo gak ikut lomba
    karena denganikut lomba 50 % kemenangan udah kita kantongi lho

    BalasHapus
  10. Hampir semuanya sama, cuma saya jarang ikut lomba karena sudah insecure duluan.

    Saya juga udah bertahun ngeblog, tapi ngga ada prestasi apapun, hikss...

    Bener mbk, bloger2 baru sekarang itu pada kreatif dan rajin2. Rasanya mereka begitu lahir langsung melesat tumbuh dan berkembang gitu ya, haha...

    Saya masih harus ditabok dulu biar bisa konsisten Dan banyak belajar pastinya dari yang sudah berhasil mendulang banyak prestasi

    BalasHapus
  11. Baca artikel ini serasa nostalgia pada jaman dulu.. Awal awal ngeblog juga kayak gini.. Intinya harus banyak belajar..

    BalasHapus
  12. Setuju banget sih, buat yang mau mulai nge-blog kalian harus banget rajin nulis. Saya pun dulu juga gitu, semangat banget buat nulis. Tapi karna sedang banyak kerjaan lain, ngeblog jadi seingetnya aja, hehe. Tapi usahakan tetep ada tulisan ya, jangan stop! Karna ngeblog itu healing banget!

    BalasHapus
  13. Kereen banget kak Ira.
    Aku masih sangat terbantu dengan artikel evergreen kak Ira mengenai cara mengobati anak terluka, kalau gak salah... Itu pejwan. Dan pastinya banyak artikel lain yang sudah membantu banyak pembaca.

    Memang menulis itu gak semudah yang orang lihat apalagi optimasi.
    Butuh banyak tenaga dan mengorbankan banyak hal. Tapi kalau dilakukan penuh cinta, pasti bisa. Yuk, kak Ira... GASKEUN lagiii..

    BalasHapus
  14. Baca artikel ini jadi flashback awal ngeblog dulu yang rajiiinnn banget kalau sekarang mah ada aja halangannya buat nulis tapi saya selalu usahain sih seminggu sekali buat posting blog.

    BalasHapus
  15. Ikut lomba blog bisa melatih ketajaman dalam menulis ya mbak. Saya gak rajin sih ikut lomba. Tapi sekarang pengen rajin. Mumpung banyak lomba blog berseliweran. Siapa tahu menang ya kan. Aaamin

    BalasHapus
  16. Yups, setuju kak, lomba blog saya juga sering ikut, itung2 latihan nulis yang benar, tapi banyak keoknya hehe...btw, tapi sekarang gak tahu kenapa kok intensitas menulis sy semakin menurun, gak fokus pas seperti covid kemaren...

    BalasHapus

Bikin acar dari kedondong
Setelah dibaca, minta komennya dong! 😉